KPU KOTA SUKABUMI MEMATANGKAN KINERJA PPK DAN PPS SE KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU (Komisi Pemilihan Umum)  Kota Sukabumi, Harlan Awaludin Kahar, A.Md. menjelaskan, menjelang pelaksanaan Rapat Pleno Penyusunan dan Pematangan DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran), KPU Kota Sukabumi terlebih dahulu mematangkan kinerja PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Kota Sukabumi. Adapun upaya tersebut, diantaranya ditempuh melalui Workshop Penyusunan dan Pematangan DPHP. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat melaksanakan Rapat Pleno Penyusunan dan Pematangan DPHP di Tingkat PPK dan PPS.

Sedangkan PPK dan PPS yang mengikuti workshop tersebut, seluruhnya berjumlah 47 orang, yang terdiri dari 14 orang PPK dan 33 orang PPS  se Kota Sukabumi, untuk melakukan penyusunan dan pematangan DPHP di setiap PPK dan PPS-nya masing-masing, serta berdasarkan hasil evaluasi, hingga saat ini berjalan baik dan lancar, tanpa ada kendala yang signifikan. Karena seluruh PPK dan PPS di Kota Sukabumi, sudah memahami sistem kinerja masing-masing, baik dalam sistem jaringan maupun luar jaringan. Dengan demikian, seluruh PPK dan PPS di Kota Sukabumi, sudah siap melakasanakan penyusunan dan pematangan DPHP.

Dijelaskannya, pada saat melakukan penyusunan dan pematangan DPHP, setiap PPS harus menyusun pemilih baru, pemilih yang tidak memenuhi syarat dan pemilih yang mengalami perubahan data. Sebab di Tingkat PPS sangat krusial. karena tugas dan fungsinya mengaktualkan data pemilih hasil PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di setiap PPS-nya masing-masing. Untuk itu, setiap PPS harus jeli dalam melakukan penyusunan dan pematangan data pemilih di setiap PPS-nya masing-masing, supaya tidak ada kesalahan dalam melakukan penyusunan dan pematangan DPHP, yang dapat berlanjut ke Tingkat PPK. Sebab PPK hanya melakukan penyusunan dan pematangan DPHP hasil DPHP dari PPS. Sedangkan jadwal Rapat Pleno Penyusunan dan Pematangan DPHP di Tingkat PPS, akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan tanggal 7 Maret 2018, serta untuk di Tingkat PPK akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 9 Maret 2018 mendatang. Dikatakannya, Rapat Pleno Penyusunan dan Pematangan DPHP tersebut, dilaksanakan di setiap PPS dan PPK masing-masing.