KOTA SUKABUMI HANYA MENDAPAT JATAH 2 KK UNTUK MENGIKUTI PROGRAM TRANSMIGRASI TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Seksi Penempatan Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Mohamad Sini, S.IP., M.M. menjelaskan, Kota Sukabumi hanya mendapat jatah 2 KK (Kepala Keluarga), untuk mengikuti Program Transmigrasi Tahun 2018, dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Baat. Karena kuota program pemindahan penduduk antar pulau ini, khususnya bagi Kota Sukabumi dalam setiap tahunnya terus menyusut. Padahal program tersebut, menjadi salah satu harapan bagi warga masyarakat yang kurang mampu, untuk mengubah nasib dan kehidupannya ke arah yang lebih baik.

Dijelaskan pula, Kota Sukabumi baru mendapatkan kembali jatah kuota program transmigrasi pada tahun 2018 ini dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Karena pada tahun 2017 yang lalu, Kota Sukabumi tidak mendapatkan jatah kuota program tersebut. Padahal pada tahun 2017, ada sejumlah warga Kota Sukabumi yang ingin mengikuti program transmigrasi. Namun sangat disayangkan, karena pada tahun 2017 Kota Sukabumi tidak mendapatkan jatah kuota program tersebut. Sebab jatah kuota program transmigrasi ini ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, serta seluruh warga masyarakat yang mengikuti program tersebut sepenuhnya ditanggung dan dibiayai oleh Pemeritah Pusat, selama warga masyarakat tersebut sedang membuka dan menggarap lahan pertanian serta belum menghasilan produk pertaniannya.

Sedangkan pada tahun 2015 dan 2016 yang lalu, Kota Sukabumi mendapat jatah dan memberangkatkan masing-masing sebanyak 5 KK untuk mengikuti program tersebut. Antara lain, tahun 2015 ke Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tenggara, dan tahun 2016 ke Kabupaten Muna juga di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dikatakannya, hingga saat ini belum ada kendala dan masalah bagi warga masyarakat Kota Sukabumi yang mengikuti program tersebut. Bahkan menurut informasi yang diterima oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, keberadaan para transmigran dari Kota Sukabumi di dua kabupaten tersebut dalam keadaan baik. Karena sudah menjadi keinginan warga masyarakat tersebut untuk mengikuti program transmigrasi.

Selain itu juga dikatakan, dalam program transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi hanya bertugas dan berperan untuk mencari warga masyarakat yang ingin mengikuti program transmigrasi, sesuai dengan permintaan dan jatah kuota program tersebut dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Adapun ke 2 KK peserta program transmigrasi tahun 2018 dari Kota Sukabumi ini, menurut rencana akan diberangkatkan ke Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulbar (Sulawesi Barat).