BAZNAS KOTA SUKABUMI MENYERAHKAN 2.000 PAKET SEMBAKO KEPADA KAUM DHUAFA

Reporter / Radaktur : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, selama 3 hari tepatnya dari tanggal 14 sampai dengan tanggal 16 Mei 2018 menjelang  Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, bertempat di Kantor Baznas Kota Sukabumi, Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, menyerahkan sebanyak 2.000 paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) kepada kaum dhuafa se Kota Sukabumi, yang tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muchtar Ubaedillah menjelaskan, penyaluran paket Sembako tersebut, merupakan salah satu agenda rutin tahunan Baznas Kota Sukabumi, tepatnya pada setiap saat menjelang Bulan Suci Ramadhan. Dijelaskan pula, penyerahan paket Sembako tersebut, pada tahun ini mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebab pada tahun sebelumnya Baznas Kota Sukabumi hanya menyerahkan 1.600 paket Sembako, dan pada tahun ini Baznas Kota Sukabumi menyerahkan 2.000 paket Sembako, atau mengalami peningkatan sebanyak 400 paket Sembako.

Disamping itu juga dijelaskan, penyerahan paket Sembako tersebut disalurkan melalui Kecamatan dan Kelurahan, sehingga penyerahannya bisa tepat sasaran. Sedangkan paket Sembako tersebut, isinya terdiri dari beras, minyak goreng, mie, kecap, ikan sarden dan gula pasir. Diharapkannya, dengan diserahkannya paket Sembako tersebut, para kaum duafa bisa merasa gembira dan merasa tenang pada saat menyambut dan memasuki Bulan Suci Ramadhan, serta dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan khyusu.

Lebih lanjut dijelaskan, ke 2.000 paket Sembako tersebut, berasal dari hasil ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) serta dari para donatur dan agnia. Dikatakannya, Baznas Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal menghimpun dan menyalurkan ZIS kepada orang yang berhak menerimanya. Untuk itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Sukabumi, menghimbau kepada para muzaki dan PNS di Kota Sukabumi, agar dalam setiap menyalurkan zakat diserahkan melalui Baznas Kota Sukabumi, atau minimal dibagi dua, yakni kepada Baznas Kota Sukabumi dan secara langsung kepada warga masyarakat.

Dikatakan pula, apabila para PNS menyalurkan zakat kepada Baznas Kota Sukabumi, dapat lebih meningkatkan peran dan fungsi UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kota Sukabumi, serta dapat meningkatkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat di Kota Sukabumi, khususnya yang dihimpun oleh Baznas Kota Sukabumi.