SELURUH THM DAN RUMAH MAKAN DI KOTA SUKABUMI DILARANG BEROPERASI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Penegakan Perda (Peraturan Daerah) dan Sumber Daya Aparatur Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Sudrajat, S.H. menandaskan, seluruh THM (Tempat Hiburan Malam) dan Rumah Makan di Kota Sukabumi, selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah dilarang beroperasi. Sedangkan bagi Rumah Makan tidak diperbolehkan beroperasi dari pagi sampai dengan sore hari, tepatnya sampai pukul 16.00, dan baru diperbolehkan buka mulai pukul 16.00 sampai dengan malam.

Hal tersebut sesuai dengan Perwal (Peraturan Walikota) Sukabumi Nomor 11 Tahun 2013, Tentang Tertib Ramadhan di Kota Sukabumi. Untuk itu, Dinas Pol PP Kota Sukabumi sudah melaksanakan razia sekaligus menghimbau kepada seluruh THM di Kota Sukabumi, supaya tidak beroperasi selama Bulan Suci Ramadhan. Sementara bagi Rumah Makan tidak diperbolehkan beroperasi dari pagi sampai sore hari, tepatnya sampai dengan pukul 16.00.

Dikatakannya, razia dan himbauan tersebut, dilaksanakan menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, serta melibatkan sedikitnya 40 orang Anggota Dinas Pol PP Kota Sukabumi. Tapi seluruh pengusaha dan karyawan THM dan Rumah Makan sudah mengetahui dan memahaminya. Sebab dalam Surat Izin Usaha THM sudah dijelaskan, bahwa selama Bulan Suci Ramadhan dilarang beroperasi, serta dalam Surat Izin Usaha Rumah Makan, bahwa selama Bulan Suci Ramadhan dilarang beroperasi dari pagi sampai dengan sore hari, tepatnya sampai dengan pukul 16.00.

Namun demikian, pihak Dinas Pol PP Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal melakukan pengawasan terhadap setiap THM dan Rumah Makan di Kota Sukabumi. Dijelaskannya, apabila ditemukan ada THM dan Rumah Makan yang melanggar ketentuan peraturan tersebut, akan ditindak secara tegas serta diproses sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, diantaranya dengan mencabut surat izin usahanya. Maksud dan tujuannya, selain untuk menghormati kesucian Bulan Suci Ramadhan, juga untuk menjaga kenyamanan, ketenangan dan kekhusyuan umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa. Disamping itu, juga untuk menciptakan dan meningkatkan situasi kondusif wilayah Kota Sukabumi, yakni aman, tenteram, nyaman dan damai.

Selain itu, Kepala Bidang Penegakan Perda dan Sumber Daya Aparatur Dinas Pol PP Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya warga masyarakat non Islam serta para pengusaha THM dan Rumah Makan, untuk senantiasa menghargai dan menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan, dengan menaati dan mematuhi ketentuan peraturan tersbut. Karena dengan hal tersebut, seluruh umat Islam di Kota Sukabumi yang sedang menjalankan ibadah puasa akan merasa nyaman, tenang dan khusyu.