DLH KOTA SUKABUMI MENYIAPKAN 150 ORANG PETUGAS KEBERSIHAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang Pelayanan Kebesihan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Endah Aruni, M.T. menjelaskan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, DLH Kota Sukabumi menyiapkan 150 orang Petugas Kebersihan, untuk membersihkan jalan dan tempat-tempat yang dijadikan tempat penumpukan sampah, terutama di tempat-tempat keramaian kota.

Dijelaskan pula, selain menyiapkan 150 orang Petugas Kebersihan, DLH Kota Sukabumi juga menyiapkan 2 alat kebersihan, Loader dan Ekskavator, ditambah 19 unit armada Fan Truk dan Truk Engkel serta 10 Motor Sampah, untuk mengantisipasi dan menangani sampah yang volumenya akan meningkat pada malam Hari Raya Idul Fitri, di beberapa tempat dan titik jalan di Kota Sukabumi. Diantaranya Jalan A. Yani, Jalan Harun Kabir, Jalan Ciwangi dan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, yang pada pagi harinya harus sudah bersih, sebab digunakan tempat Sholat Idul Fitri.

Disamping itu juga dijelaskan, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, kendala dalam membersihkan sampah terutama di tempat-tempat keramaian kota, yakni banyaknya pedagang yang tidak mematuhi waktu berjualan atau melewati batas waktu berjualan pukul 00.00 WIB. Hal tersebut menjadi salah satu kendala bagi para Petugas Kebersihan, untuk melakukan pembersihan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Kebesihan DLH Kota Sukabumi, meminta kepada seluruh Aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, agar ikut membantu menertibkan para pedagang di beberapa tempat dan titik jalan di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan para Petugas Kebersihan dalam melakukan pembersihan.

Lebih jauh Kepala Bidang Pelayanan Kebesihan DLH Kota Sukabumi menjelaskan, selain pada malam Idul Fitri, pada hari H Idul Fitri pun DLH Kota Sukabumi menyiapkan 100 Petugas Kebersihan, serta 15 armada dan 4 motor sampah, untuk membersihkan sampah di beberapa tempat dan titik jalan di Kota Sukabumi. Karena para Petugas Kebersihan, setiap tahun tidak pernah cuti dan libur Idul Fitri, serta harus melaksanakan tugas secara bergantian.

Namun demikian, Kepala Bidang Pelayanan Kebesihan DLH Kota Sukabumi, menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar turut serta membantu menangani sampah, dengan terlebih dahulu memilah sampah yang akan dibuang, untuk dijual atau ditabung di bank sampah, sehingga tidak semua sampah masuk ke penampungan sampah.