SHOLAT IDUL FITRI TINGKAT KOTA SUKABUMI DIPUSATKAN DI LAPANGAN MERDEKA KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag. menjelaskan,  Sholat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi, 1 Syawal 1439 Hijriyah, dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. hari Jumat pagi, 15 Juni 2018. Namun sebelum dilaksanakan Sholat Idul Fitri, terlebih dahulu disampaikan laporan PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Sukabumi, tentang hasil infaq dan shodaqoh pada Sholat Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah dan pelaksanaan Shalat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi, Tingkat Kecamatan, Tingkat Kelurahan dan Tingkat RW, serta sambutan Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Adapun yang melaksanakan Sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, diantaranya Penjabat Wali Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, Jajaran Pengurus TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, serta para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Wanita, Pemuda dan puluhan ribu umat Islam lainnya.

Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan kehidmatan serta kesempurnaan Sholat Idul Fitri ini, dilakukan berbagai persiapan dan penataan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, termasuk sound system serta pengukuran dan penetapan arah kiblat yang tepat. Sebab khusus untuk di wilayah Indonesia, pergeseran arah kiblat 1 derajat saja, bisa melencengkan arah sekitar 100 kilo meter dari titik Kabah. Dikatakannya, semakin jauh dari Kabah, lencengan arah ini akan semakin besar. Untuk itu, pengukuran dan penetapan arah kiblat yang tepat ini sangat penting dan dianjurkan. Dikatakan pula, untuk mengukur dan menetapkan arah kiblat yang tepat di Indonesia tidak sulit dan tidak memerlukan alat yang canggih, karena bisa dilakukan dengan sinar matahari, serta bisa lebih teliti apabila dibandingkan dengan menggunakan kompas, karena sangat mudah terpengaruh oleh medan magnet di sekitarnya.

Lebih lanjut Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi mengatakan, dalam Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, disiapkan dan disiagakan sejumlah aparat keamanan gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Dinas Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk mengamankan berbagai hal dan kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak, serta untuk memberikan rasa aman, tenteram, nyaman dan damai kepada segenap lapisan warga masyarakat.

Leave a Reply