JAJARAN PENGURUS DMI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2018-2023 SUDAH DILANTIK SECARA RESMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Jajaran Pengurus DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, sudah dilantik secara resmi oleh Ketua DMI Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Zulkarnaen, tepatnya tanggal 5 Juli 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua DMI Provinsi Jawa Barat, dalam kesempatan tersebut mengharapkan, Jajaran Pengurus DMI Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, harus dapat memunculkan ide kreatif dan inovatif, untuk menjadikan masjid di Kota Sukabumi sebagai pusat ibadah, pendidikan dan informasi. Karena pada zaman Rosululloh, semua kegiatan terpusat di masjid. Diharapkan pula, untuk ke depannya, jangan sampai ada masjid yang tidak terdengar lagi suara anak-anak. Sebab apabila sudah tidak terdengar suara anak-anak di masjid, kaderisasi masjid akan hilang. Untuk itu, Jajaran Pengurus DMI harus memiliki ide baru, agar anak-anak senantiasa senang berada di masjid, dengan melaksanakan berbagai upaya dan kegiatan, sekaligus mengajak anak-anak untuk senantiasa dekat dengan masjid dan beribadah di masjid.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag., selaku Ketua DMI Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 menjelaskan, Jajaran Pengurus DMI Kota Sukabumi akan senantiasa berkomitmen, untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, serta akan membangun program peningkatan ekonomi umat sebagai program unggulan. Dijelaskan pula, sebagai langkah awal, pihaknya beserta jajarannya akan mendata kembali masjid dan mushola yang ada di Kota Sukabumi, termasuk jamaahnya. Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan data yang ada, di Kota Sukabumi saat ini terdapat 396 masjid dan mushola. Di sejumlah masjid dan mushola tersebut, muncul berbagai peradaban baru, khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat.

Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi selaku Ketua DMI Kota Sukabumi, mengharapkan kepada seluruh Jajaran Pengurus DMI Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal memakmurkan masjid di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya keberadaan masjid di Kota Sukabumi bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat muslim, mulai dari peningkatan ekonomi hingga memecahkan berbagai masalah yang dialami dan dihadapi. Dikatakannya, upaya memakmurkan masjid, merupakan ibadah mahdhoh dan ghoiru mahdhoh, serta ibadah ritual dan sosial.

Leave a Reply