SEBANYAK 253 ORANG JAMAAH CALON HAJI ASAL KOTA SUKABUMI SUDAH DIBERANGKATKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 253 orang Jamaah Calon Haji asal Kota Sukabumi, sudah diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah Al-Mukaromah, tepatnya tanggal 11 Agustus 2018, bergabung dalam Gelombang 2 Kloter (Kelompok Terbang) 87 dengan 152 orang Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Bekasi. Ke 253 orang Jamaah Calon Haji tersebut, didampingi oleh 7 Petugas Haji, yang terdiri dari Ketua Kloter, TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), Dokter, Paramedis, TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) Provinsi Jawa Barat, dan TPHD Kota Sukabumi.

Adapun keberangkatan ke 253 orang Jamaah Calon Haji tersebut, dilepas secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. menjelaskan, keberangkatan para Jamaah Calon Haji ini, merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Alloh Subhanahu Wataala. Dijelaskan pula, Ibadah Hajl yang merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik dari segi ekonomi maupun dari segi kesehatan fisik dan mental. Selain itu, juga harus memenuhi persyaratan, baik persyaratan dalam ketentuan syariat Islam maupun persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengharapkan, Ibadah Haji yang akan dilaksanakan hendaknya dapat bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. Untuk itu, para Jamaah Calon Haji hendaknya dapat memahami hakikat dari Ibadah Haji itu sendiri, yakni ibadah secara total, bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sai, tapi juga ibadah batin yakni wukuf. Dikatakannya, kesemua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian kepada Alloh Sang Pencipta, untuk berhenti dan meninggalkan bebagai sifat dan tabiat yang tidak baik, yang pemah dikerjakan sebelumnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga mengharapkan, keberangkatan para Jamaah Calon Haji dari Kota Sukabumi ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan dapat dan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta-duta daerah yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi meminta kepada para Jamaah Calon Haji dari Kota Sukabumi, agar senantiasa menjaga martabat dan kebersamaan, serta menghormati tradisi yang dimiliki oleh bangsa Iain. Disamping itu, para Jamaah Calon Haji Kota Sukabumi, agar senantiasa mendoakan Kota Sukabumi, supaya kemakmuran dan kesejahteraannya terus meningkat. Selanjutnya, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji, dengan iringan doa yang tulus dan Ikhlas, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Leave a Reply