Walikota Sukabumi Secara Resmi Mengukuhkan Tim Unit Saber Pungli Di Kota Sukabumi

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., secara resmi mengukuhkan Tim Unit Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) di Kota Sukabumi, tepatnya pada Upacara Peringatan Hari Ibu Ke 88, yang dirangkai dengan Peringatan Hari Bela Negara dan Hari Nusantara, serta Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2016 Tingkat Kota Sukabumi, hari Kamis, 22 Desember 2016, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Adapun Tim Unit Saber Pungli di Kota Sukabumi ini, terdiri dari unsur Pemerintah Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, dan Kejaksaan Negeri Sukabumi.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi mengajak kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, untuk senantiasa mendukung dan membantu terhadap Tim Saber Pungli di Kota Sukabumi ini. Dikatakannya, sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, saat ini sudah membentuk Tim Saber Pungli Pusat, yang diharapkan dapat diikuti di level provinsi serta kabupaten dan kota se Indonesia.

Dikatakan pula, pembentukan Tim Saber Pungli ini, dilatarbelakangi oleh keprihatinan semua pihak, sekaligus untuk merespons berbagai pengaduan dari warga masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan praktik Pungli dalam penyeienggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Sedangkan pesan yang lebih esensial dari pembentukan Saber Pungli ini, yakni segenap aparatur pemerintahan dan penyelenggara peiayanan publik, dapat bekerja secara sungguh-sungguh, khususnya dalam melayani segenap lapisan warga masyarakat, serta tidak diperkenankan meminta imbalan uang atau fasilitas lain, di iuar ketentuan dan aturan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi atas nama pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan selamat bekerja kepada Tim Unit Saber Pungli di Kota Sukabumi yang telah secara resmi dikukuhkan, seraya mengharapkan, agar Tim Unit Saber Pungli di Kota Sukabumi ini, dapat menjad instrumen yang efektif, khususnya dalam upaya mewujudkan peiayanan publik di Kota Sukabumi yang lebih transparan, terjangkau dan melayani.

Selain itu juga dijelaskan, dikukuhkannya Tim Unit Saber Pungli di Kota Sukabumi ini, untuk mendukung dan merespons Kebijakan Pemerintah Pusat, yang sangat konsen melakukan upaya pencegahan, penindakan dan pemberantasan terhadap berbagai jenis praktik Pungli. Sebab praktik Pungli ini, dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, berbagai jenis praktik Pungli ini, harus diberantas dan ditindak tegas secara terpadu, efektif dan efisien, supaya dapat menimbulkan efek jera terhadap seluruh oknum yang melakukan praktik Pungli, sehingga dapat menyelesaikan secara tuntas terhadap berbagai jenis praktik Pungli, baik di lingkungan aparatur pemerintahan dan penyelenggara peiayanan publik, maupun di lingkungan warga masyarakat.