Kota Sukabumi Sudah 2 Kali Ditetapkan Sebagai Kota Peduli Ham Oleh Kemenkumham Ri

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., selaku Ketua Tim Ranham (Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia) Kota Sukabumi, didampingi Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M. menjelaskan, Kota Sukabumi sudah 2 kali ditetapkan sebagai Kota Peduli HAM (Hak Azasi Manusia) oleh Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia) RI, serta berhasil meraih gelar Juara LCC (Lomba Cerdas Cermat) HAM Tingkat Nasional.

Keberhasilan tersebut, merupakan salah satu bukti nyata komitmen dan perhatian Pemerintah Kota Sukabumi, beserta seluruh instansi dan lembaga terkait, termasuk segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, kususnya dalam melindungi dan menghormati HAM.

Penjelasan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi sekaligus memberi materi, pada Diseminasi HAM Tim Ranham Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 30 Desember 2016, di Operation Room Setda Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, bahwa Diseminasi Ham Tim Ranham Kota Sukabumi ini, secara khusus membahas Teknis Pelaporan Ranham, tentang implementasi aksi-aksi HAM yang telah dilaksanakan di Kota Sukabumi, sesuai dengan Surat Edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI Nomor : 180/3918/SJ, tentang Pelaksanaan dan Pelaporan Aksi HAM Pemerintah Kabupaten dan Kota Tahun 2016, yang terdiri dari Sinkronisasi Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan HAM, melalui evaluasi Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang berperspektif HAM.

Adapun yang menjadi salah satu acuannya, yakni Peraturan Bersama Menkumham (Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia) RI dan Mendagri RI Nomor 77 Tahun 2012, tentang Parameter HAM dalam Pembentukan Produk Hukum Daerah, Identifikasi Kasus Pemasungan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Pelayanan Komunikasi Masyarakat melalui Peningkatan Penanganan dan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat.

Sementara Kepala Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Een Rukmini, S.H. menjelaskan, peserta yang mengikuti Diseminasi HAM Tim Ranham Kota Sukabumi ini, seluruhnya berjumlah 30 orang, yang terdiri dari Tim Ranham Kota Sukabumi dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), serta instansi dan lembaga terkait lainnya yang ada di Kota Sukabumi.