Keluarga Besar Rimbawan Wanabakti Sukabumi Menanam 1.000 Pohon Di Hutan Kota Kibitay Kota Sukabumi

Reporter : ENDANG SUMARDI

Keluarga Besar Rimbawan Wanabakti Sukabumi, menanam 1.000 pohon di Hutan Kota Kibitay, Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2016, dalam rangka Tepang Sono Ke 5 Keluarga Besar Rimbawan Wanabakti Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Camat Lembursitu, Hj. Nuraeni Komarudin, S.IP., M.Si., unsur DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Komunitas FK-PBM, Saka Wanabakti Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, sekaligus menanam pohon secara simbolis di hutan kota tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh Keluarga Besar Rimbawan Wanabakti Sukabumi, yang menanam 1.000 pohon di Hutan Kota Kibitay Kota Sukabumi. Dijelaskannya, hingga saat ini masih banyak warga masyarakat Kota Sukabumi yang belum mengetahui, bahwa Kota Sukabumi memiliki hutan kota, yakni Hutan Kota Kibitay. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi beserta seluruh instansi dan lembaga terkait lainnya, akan senantiasa berupaya optimal melakukan sosialisasi tentang keberadaan hutan kota ini.

Dijelaskan pula, keberadaan hutan kota ini sudah berdiri sejak kurang lebih 15 tahun yang lalu. Adapun maksud dan tujuan dibangunnya hutan kota ini, yakni sebagai paru-paru kota, untuk menekan sekaligus menurunkan tingkat pencemaran atau polusi udara, yang diakibatkan oleh gas buang kendaraan bermotor. Selain itu, juga untuk menjaga sekaligus meningkatan keindahan, kesehatan, kesegaran dan kenyamanan lingkungan, bagi segenap lapisan warga masyarakat di sekitarnya.

Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, untuk membangun hutan kota khususnya di wilayah Kota Sukabumi, sangat sulit direalisasikan dan diwujudkan. Karena lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya lahan untuk membangun hutan kota sangat terbatas. Oleh karenanya, hingga saat ini Pemerintah Kota Sukabumi baru memiliki satu hutan kota, yakni Hutan Kota Kibitay. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal membangun RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan taman di wilayah Kota Sukabumi, untuk menopang keberadaan hutan kota. Dijelaskannya, RTH dan taman di wilayah Kota Sukabumi, minimal harus mencapai 30 persen, dari total luas wilayah Kota Sukabumi.