PEMBUKAAN DAN PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. mengungkapkan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menerima informasi dari Pemerintah Pusat, tentang pembukaan dan pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2018, yang menurut rencananya akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 19 September 2018 ini, secara online di sscn.bkn.go.id.

Sedangkan pembukaan dan pendaftaran CPNS untuk di Kota Sukabumi merupakan kategori umum, atau dengan kata lain tidak ada kekhususan bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, karena sifatnya dan sistemnya terbuka secara umum. Dengan demikian, warga masyarakat dari luar Kota Sukabumi pun bisa masuk ke Kota Sukabumi.

Diungkapkan pula, dalam pembukaan dan pendaftaran CPNS Tahun 2018 ini, Pemerintah Kota Sukabumi mengusulkan sebanyak 100 orang. Namun dalam pengusulan tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat tambahan kuota dari Pemerintah Pusat sebanyak 11 orang, jadi totalnya menjadi 111 orang. Selain itu juga diungkapkan, tambahan kuota 11 orang ini, khusus untuk disabilitas, kategori 2 pendidikan serta lulusan mahasiswa cum laude, dan tambahan kuota tersebut merupakan kewenangan serta kebijakan dari Pemerintah Pusat.

Lebih jauh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi mengungkapkan, pengusulan sebanyak 100 orang CPNS dari Pemerintah Kota Sukabumi kepada Pemerintah Pusat ini, tidak ada porsi untuk lulusan SMA. Karena yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi yakni sebagian besar lulusan sarjana, yang disiplin ilmunya mulai dari dokter, perawat, guru, teknik dan yang lainnya, serta terbuka untuk umum.

Adapun persyaratan bagi setiap calon pelamar CPNS ini, yakni usia setinggi-tingginya 35 tahun pada saat melamar, dan setinggi-tinggi 40 tahun bagi pelamar yang memiliki kualifikasi pendidikan S3 pada saat melamar. Sedangkan persyaratan lainnya, yakni foto copy KTP, foto copy Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir, surat keterangan akreditasi dari BAN PT, dan pas foto terbaru ukuran 4 kali 6 centi meter sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.

Dikatakannya, setelah melakukan pendaftaran secara online di sscn.bkn.go.id, para pelamar CPNS ini akan mengikuti tes tertulis, yang menurut rencananya akan dilaksanakan di Bogor, dan apabila dinyatakan lulus akan diserahkan ke daerah masing-masing.

Leave a Reply