AKI DAN AKB MERUPAKAN SALAH SATU PROGRAM PRIORITAS DINAS KESEHATAN KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

AKI (Angka Kematian Bayi) dan AKB (Angka Kematian Ibu), merupakan salah satu program prioritas Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. Karena menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah., sampai dengan triwulan kedua tahun 2018, AKB dan AKI sudah mencapai 4 kasus. Namun demikian, kasus AKI dan AKB di Kota Sukabumi masih terkendali. Selain itu, apabila dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Barat, kasus AKI dan AKB di Kota Sukabumi paling rendah.

Adapun upaya yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dalam menekan AKI dan AKB di Kota Sukabumi, diantaranya melakukan sosialisasi dan penyuluhan secara rutin kepada warga masyarakat khususnya kepada para kaum ibu, tentang pemahaman dalam menjaga kehamilan dengan baik dan asupan nutrisi dalam setiap tahapan kehamilan, yakni pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Sebab banyak ibu hamil yang mengalami anemia dan berpotensi mengalami perdarahan pada saat melahirkan.

Selain itu, juga pemenuhan gizi dan pola makan ibu hamil. Karena masalah gizi bukan hanya masalah ekonomi saja, tapi juga masalah ketidaktahuan. Dikatakannya, intervensi gizi kepada kaum ibu dan perempuan, harus sudah dimulai sejak remaja, untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan reproduksinya. Selanjutnya pemenuhan asupan gizi dan vitamin kepada ibu hamil harus senantiasa diberikan. Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi senantiasa berupayqa optimal melakukan edukasi kepada para ibu hamil, tentang makanan apa saja yang banyak mengandung zat besi bagi ibu hamil. Diharapkannya, dengan bebagai upaya tersebut, dapat menekan AKI dan AKB di Kota Sukabumi.

Disamping itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi juga menjelaskan, pada musim pancaroba atau peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan saat ini, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya berbagai jenis penyakit. Karena pada perubahan musim dan cuaca yang tidak menentu, berbagai jenis penyakit bisa muncul dan mengancam warga masyarakat.

Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar senantiasa waspada dan berhati-hati sekaligus mengantisipasi kemungkinan munculnya berbagai jenis penyakit di wilayahnya masing-masing, dengan senantasa menjaga dan meningkatkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), serta melaksanakan Gerakan Kebersihan, Prokasih (Program Kali Bersih) dan sebagainya di wilayahnya masing-masing.

Leave a Reply