PEMBANGUNAN GOR REMAJA MERDEKA KOTA SUKABUMI DITARGETKAN SELESAI PADA TAHUN 2019 MENDATANG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Dispora (Dinas Pemuda dan Olah Raga) Propinsi Jawa Barat, Prof. Dr. H. Yudha Munajat Saputra, M.Ed. menandaskan, pembangunan GOR (Gelanggang Olah Raga) Remaja Merdeka Kota Sukabumi tahap kedua, ditargetkan selesai pada tahun 2019 mendatang. Penandasan Kepala Dispora Propinsi Jawa Barat tersebut, disampaikan usai upacara puncak peringatan Haornas (Hari Olah Raga Nasional) Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 13 September 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Adapun untuk menyelesaikan pembangunan GOR tersebut, akan dialokasikan anggaran sebesar Rp. 5 milyar, dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Murni Propinsi Jawa Barat Tahun 2019. Karena apabila anggaran untuk pembangunan GOR tersebut dimasukkan dalam APBD Perubahan Propinsi Jawa Barat Tahun 2018 tidak memungkinkan, sebab waktunya sangat sempit. Dikatakannya, anggaran untuk pembangunan GOR tersebut akan diproses oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Propinsi Jawa Barat, untuk disetujui oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Propinsi Jawa Barat. Sedangkan jenis anggaran yang akan dialokasikan untuk menyelesaikan pembangunan GOR tersebut, yakni jenis anggaran dalam bentuk dana hibah Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Namun demikian, Kepala Dispora Propinsi Jawa Barat mengharapkan, agar Wali Kota Sukabumi senantiasa melakukan koordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, untuk menyelesikan pembangunan GOR tersebut. Sebab keberadaan GOR tersebut, merupakan salah satu sarana olah raga terbesar bagi warga masyarakat Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, pada era Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., hampir seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat dibangun sarana olah raga khususnya GOR, untuk sarana olah raga dan aktivitas lainnya warga masyarakat. Sedangkan pada era Gubernur Jawa Barat, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., menurut rencananya akan dibangun sarana olah raga hingga ke desa-desa. Sebab warga masyarakat di desa-desa pun sangat membutuhkan sarana olah raga, dan akan difasilitasi oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Dijelaskan pula, selain akan membangun sarana olah raga, Pemerintah Propinsi Jawa Barat juga akan terus mendorong kegiatan olah raga melalui pendidikan di sekolah, serta wajib diikuti oleh seluruh siswa di setiap sekolah. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh siswa di setiap sekolah mencintai dan menyukai serta memiliki prestasi dalam bidang olah raga, baik di tingkat regional dan nasional maupun di tingkat internasional.

Leave a Reply