POSYANDU ASTER RW 06 KELURAHAN CISARUA JUARA PERTAMA LOMBA POSYANDU TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, juara pertama Lomba Posyandu Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018, karena memiliki berbagai program dan kegiatan. Seperti dijelaskan Ketua Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Cisarua, Yulis Martini, hal tersebut dilakukan supaya keberadaan Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Cisarua ini, manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dijelaskan pula, berbagai program dan kegiatan di Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Cisarua ini, dilaksanakan setiap satu bulan sekali, tepatnya pada setiap Minggu ketiga. Selain itu juga dijelaskan, Posyandu Aster ini melayani lebih dari sasaran Posyandu, yakni sebanyak 80 ibu dan anak, serta lebih dari 70 masyarakat Lansia (Lanjut Usia). Sebab Posyandu Aster ini memiliki layanan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu), untuk pemeriksaan penyakit tidak menular. Disamping itu, juga Posyandu Remaja, yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada akhir pekan. Sedangkan kegiatan lainnya yang dilaksanakan di Posyandu Aster ini, diantaranya kegiatan Madu Asam (Masyarakat Peduli Sampah), Asih (Ahad Bersih), dan Peduli Coin, yakni gerakan masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu dan Lansia.

Sementara Kepala Puskesmas Sukabumi Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, drg. Suhendro Rusli menjelaskan, Posyandu Aster RW 06 Kelurahan Cisarua yang berdiri sejak tahun 2002 ini, merupakan Posyandu yang mendekati kondisi ideal, karena lokasinya bersatu dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), sesuai dengan arah pengembangan Posyandu, Selain itu juga dijelaskan, Posyandu Aster yang merupakan salah satu Posyandu dari 54 Posyandu Binaan Puskesmas Sukabumi, dinilai memiliki perkembangan yang cukup pesat, karena peran aktif masyarakat di sekitar Posyandu ini cukup tinggi. Diantaranya dengan mewakafkan tanah dan bangunan Posyandu ini. Dijelaskan pula, ke depannya Posyandu ini akan dikembangkan menjadi Posyandu Terintegrasi.

Lebih jauh dijelaskan, Posyandu yang memiliki 25 Kader Posyandu ini, melaksanakan berbagai kegiatan dan pelayanan serta pemeriksaan kesehatan kepada anak, ibu hamil, gula darah, penyuluhan atau konseling kesehatan dan Posbindu penyakit tidak menular. Sementara Inovasi lainnya yang dilaksanakan dan dikembangkan oleh Posyandu Aster ini, diantaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya Lansia, melalui produksi Pot Anyaman yang berasal dari limbah sampah. Dikatakannya, Pot Anyaman ini dijual di wilayah Sukabumi, yang pemasaran dan penjualannya, salah satunya melalui media online.

Leave a Reply