WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI PROGRAM ECONOMIC LEADERSHIP FOR REGIONAL GOVERNMENT LEADER

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., selama 3 hari, tepat dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 Oktober  2018, mengikuti Program Economic Leadership for Regional Government Leader Angkatan Ke 4 Tahun 2018, bertempat di Gedung Bank Indonesia Jakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 35 unsur Pimpinan Daerah yang terdiri dari Bupati. Wali Kota, Ketua DPRD dan Kapolres ini, dibuka secara resmi oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, tepatnya tanggal 24 Oktober 2018.

Seperti dijelaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Bank Indonesia dengan beberapa lembaga, yang terdiri dari Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional), Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), Adkasi (Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia), Adeksi (Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia) dan Polri. Maksud dan tujuannya, diantaranya untuk mewujudkan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) Nasional dan kepemimpinan yang berkualitas.

Dijelaskan pula, Bank Indonesia memandang penting untuk membantu, mendukung dan menyukseskan Pimpinan Daerah Kabupaten dan Kota, DPRD Kabupaten dan Kota serta Polri di Indonesia, khususnya dalam melakukan reformasi struktural dan mempercepat pembangunan ekonomi regional. Adapun salah satu strateginya, yakni melalui pengembangan SDM yang berkualitas, dalam kepemimpinan ekonomi daerah dan nasional. Untuk itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia mengharapkan, agar para Pimpinan Daerah dapat menciptakan berbagai terobosan dan inovasi, serta menjadi Pembaharu Ekonomi Regional Indonesia.

Selain itu juga dijelaskan, Program Economic Leadership for Government Leader yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia melalui Bank Indonesia Institute ini, merupakan program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan, melalui kurikulum yang inovatif dan bersifat transformatif. Disamping itu, melalui program ini diharapkan dapat mendukung lahirnya Pimpinan Daerah yang berkualitas, yakni selain mahir dalam kompetensinya sebagai pemimpin yang profesional, juga memiliki integritas dan kepemimpinan yang luhur.

Lebih jauh Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, hasil dari Program Economic Leadership for Regional Government Leader ini, akan diterapkan dan dikembangkan secara optimal di Kota Sukabumi, untuk meningkatkan dan mengembangkan pembangunan ekonomi di Kota Sukabumi, sekaligus untuk mendukung Ekonomi Regional Indonesia.

Leave a Reply