SMP NEGERI 16 KOTA SUKABUMI JUARA KE 2 LSS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, berhasil meraih gelar juara ke 2 LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Nasional Tahun 2018 kategori sekolah dengan pencapaian terbaik atau best achievement, serta mendapat penghargaan, trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 25 juta. Penghargaan, trophy dan uang pembinaan tersebut, diserahkan oleh Dirjen (Direktur Jenderal) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Soni Sumarsono, kepada Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., didampingi Kepala SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, Agus Budiman, M.Pd., beserta para juara LSS lainnya, di BallroomHotel Aryaduta Jakarta, tepatnya tanggal 25 Oktober 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mengucapkan selamat dan terima kasih kepada SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, yang telah berhasil meraih gelar juara ke 2 LSS Tingkat Nasional Tahun 2018 kategori sekolah dengan pencapaian terbaik. Karena keberhasilan yang diraih SMP Negeri 16 Kota Sukabumi ini, selain menjadi salah satu kebanggaan bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat Kota Sukabumi khususnya keluarga besar SMP Negeri 16 Kota Sukabumi, juga telah membawa harum nama baik Kota Sukabumi di kancah Nasional. Sebab dalam LSS Tingkat Nasional Tahujn 2018 ini, ada 96 sekolah dari 25 provinsi se Indonesia yang ditetapkan memenuhi persyaratan mengikuti LSS, untuk kategori sekolah dengan kinerja terbaik dan kategori sekolah dengan pencapaian terbaik.

Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dengan meraih gelar juara LSS Tingkat Nasional ini, merupakan salah satu langkah yang baik dalam mewujudkan dan meningkatkan sekaligus mengembangkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), khususnya di berbagai kalangan masyarakat Kota Sukabumi. Lantaran PHBS ini, harus dimulai dari anak-anak sekolah dan pra sekolah, supaya menjadi budaya di berbagai kalangan masyarakat Kota Sukabumi. Selain itu, juga dapat menunjang terhadap upaya pencapaian dan peningkatan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Dijelaskannya, UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan salah satu upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, terencana, terarah dan bertanggung jawab. Sedangkan LSS menjadi salah satu terobosan sarana pembinaan dan pengembangan serta evaluasi pelaksanaan program UKS, termasuk untuk memberikan motivasi kepada setiap sekolah, supaya dapat meningkatkan derajat kesehatan serta kualitas lingkungan sekolah dan anak didiknya. Dijelaskan pula, dalam LSS ini, yang dinilai bukan hanya kondisi fisik sekolah saja, akan tetapi yang sangat penting dan utama, yakni adanya perubahan dan peningkatan PHBS peserta didik, yang dapat berimbas pada lingkungan rumah tangga dan masyarakat.

Leave a Reply