PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI MERAIH PENGHARGAAN OPINI WTP

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi kembali meraih Penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Pemerintah Pusat, atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun Anggaran  2017, untuk keempat kalinya secara berturut-turut, tepatnya dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kanwil (Kantor Wilayah) DJPB (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) Provinsi Jawa Barat, Yuniar Yanuar Rasyid, didampingi Kepala BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Jawa Barat, Arman Syifa, kepada Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., tepatnya tanggal 31 Oktober 2018, di Gedung DJPB Provinsi Jawa Barat, pada Rakor (Rapat Koordinasi) Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum.

Kepala Kanwil DJPB Provinsi Jawa Barat, Yuniar Yanuar Rasyid menjelaskan, hasil capaian LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat) dan LKPD, telah disajikan secara wajar atas berbagai aspek material, sesuai dengan SAP (Standar Akutansi Pemerintah), serta telah dilaksanakannya sistem pengendalian internal yang efektif dan efisien. Selain itu, juga telah dipenuhinya seluruh ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Diharapkannya, hal tersebut dapat terus dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan, untuk meningkatkan kualitas LKPD dan meningkatkan integritas para pengelola keuangan di seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintahan, serta untuk mencapai aspek manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Sementara Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menandaskan, penghargaan ini merupakan apresiasi bagi SKPD di Kota Sukabumi. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, ke depan seluruh SKPD di Kota Sukabumi bisa lebih berprestasi lagi, khususnya dalam melakukan penyusunan LKPD, sehingga Penghargaan Opini WTP dari Pemerintah Pusat ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Dikatakannya, Penghargaan Opini WTP ini bisa diraih berkat kerja keras dari Tim BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi dan seluruh SKPD di Kota Sukabumi, termasuk instansi dan lembaga terkait serta masyarakat Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan diraihnya kembali penghargaan ini, dapat menghapus rasa lelah Tim BPKD Kota Sukabumi dan seluruh SKPD di Kota Sukabumi, khususnya dalam menyusun LKPD yang baik dan benar.

Leave a Reply