PMI KOTA SUKABUMI MENGIRIM 5 RELAWAN TERLATIH KE KABUPATEN KARAWANG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi, mengirim 5 Relawan Terlatih ke Kabupaten Karawang Jawa Barat, tepatnya tanggal 31 Oktober 2018, untuk membantu proses evakuasi korban Pesawat Lion Air JT-610, yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, pada tanggal 29 Oktober 2018, setelah pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, sekitar pukul 06.20 WIB, dan sekitar 13 menit kemudian pesawat tersebut hilang kontak di Perairan Karawang. Adapun ke 5 relawan tersebut, terdiri dari Suherman, Sujana Agus, Asep Japarudin, Rizky Pratama dan Anwar Supari. Sedangkan tugas ke 5 relawan tersebut, hanya mem-back-up berbagai hal yang dibutuhkan, di bawah koordinasi Basarnas (Badan SAR Nasional).

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengharapkan, bergabungnya Tim Relawan PMI Kota Sukabumi ke Kabupaten Karawang ini, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kemanusiaan, atas tragedi jatuhnya Pesawat Lion Air di Perairan Tanjung Karawang. Selain itu, Wali Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Kepala Daerah serta pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi, menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya, atas terjadinya musibah jatuhnya pesawat tersebut, seraya mengharapkan, agar proses evakuasi terhadap para korban dapat berjalan baik dan lancar. Karena pesawat tersebut mengangkut sebanyak 178 penumpang dewasa, 1 anak dan 2 bayi, serta 2 awak kokpit dan 6 kru pesawat. Dijelaskannya, dalam peristiwa jatuhnya pesawat tersebut, tidak ada warga Kota Sukabumi. Namun demikian, Pemerintah Kota Sukabumi melalui PMI Kota Sukabumi, akan berupaya optimal membantu proses evakuasi tehadap para korban, dengan  mengirim Tim Relawan.

Sementara Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. H. Suranto Sumowiryo menjelaskan, selain mengirim Relawan, PMI Kota Sukabumi juga mengirim bantuan logistik, untuk memperlancar proses evakuasi, mulai dari Kantong Jenazah, Tenda, Masker, Obat-obatan, Helm dan peralatan pendukung lainnya serta Mobil Ambulance, untuk dijadikan alat transportasi dalam mengevakuasi para korban. Dijelaskan pula, dikirimkannya ke 5 relawan dan bantuan logistik tersebut, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kemanusiaan Pemerintah Kota Sukabumi dan PMI Kota Sukabumi, khususnya dalam membantu proses evakuasi para korban pesawat tersebut.

Selanjutnya dijelaskan, ke 5 relawan tersebut sudah dibekali spesialisasi kemampuan dan pengetahuan dalam melakukan pertolongan pertama dan evakuasi kepada para korban. Lebih jauh dijelaskan, ke 5 relawan tersebut, akan bertugas selama 3 hari. Namun apabila masih dibutuhkan, waktu tugasnya akan diperpanjang. Ketua PMI Kota Sukabumi mengatakan, ke 5 relawan tersebut sudah siap melakukan evakuasi kepada para korban, dibawah komando Koordinator  Bidang Relawan PMI Kota Sukabumi, serta akan langsung menuju lokasi dan akan dipusatkan di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kabupaten Karawang,  bergabung dengan Tim Relawan dari Kabupaten dan Kota lainnya.

Leave a Reply