WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAKER CITYNET INDONESIA TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc., mengikuti Raker (Rapat Kerja) Citynet Indonesia Tahun 2018, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, selaku Presiden Citynet Indonesia, tepatnya tanggal 5 November 2018, di Hotel Sari Pasific Jakarta, serta diikuti oleh 24 kabupaten dan kota yang menjadi anggota Citynet Indonesia.

Raker tersebut membahas 6 point utama yang telah diputuskan dalam Konggres Citynet Indonesia tahun lalu, tepatnya tanggal 3 Oktober 2017, di Balikpapan. Adapun ke 6 point utama tersebut,   antara lain meningkatkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan, baik lokal dan nasional maupun global. Selanjutnya meningkatkan capacity building melalui kerjasama dengan para pemangku kepentingan, membuka hub office di Jakarta, membuka pusat pemberdayaan komunitas, dan mengusulkan secara tertulis kepada Kementerian Dalam Negeri tentang kode rekening belanja iuran.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Raker tersebut, seperti dijelaskan Bupati Sidoarjo, diantaranya merumuskan ide atau gagasan yang dibutuhkan, dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan sekaligus memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan pemerintahan di masing-masing kabupaten dan kota yang menjadi anggota Citynet Indonesia. Selain itu, Bupati Sidoarjo meminta kepada seluruh kabupaen dan kota yang menjadi anggota Citynet Indonesia, agar senantiasa berupaya optimal mempromosikan setiap kegiatan Citynet di daerahnya masing-masing, supaya anggota Citynet Indonesia bisa bertambah, serta dapat meningkatkan kerjasama antar kabupatan dan kota, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, Citynet Indonesia merupakan salah satu wahana kegiatan berjejaring atau networking, antara anggota citynet dengan stake holders, untuk bertukar best practices atau pengalaman keberhasilan masing-masing kota dan kabupaten. Maksud dan tujuannya, untuk memberi penguatan kepada kota dan kabupaten, dalam meningkatkan kapasitas pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, untuk kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, juga menyediakan informasi yang relevan, menyelenggarakan riset perbandingan dan memfasilitasi pertukaran informasi. Adapun ruang lingkup kegiatan yang dilaksanakan citynet, diantaranya capacity building berupa kegiatan pelayanan dan konsultasi, pelatihan teknis, seminar dan workshop, baik secara nasional maupun internasional, serta program orientasi dan diskusi, studi banding, penelitian, program tukar menukar pengalaman dan informasi, khususnya dalam melakukan pengelolaan pembangunan.

Leave a Reply