ADA SEJUMLAH PROGRAM UNTUK MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., dalam kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023, ada sejumlah program yang akan dijalankan, untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan di Kota Sukabumi. Diantaranya program Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), sebagai pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi, serta diprioritaskan untuk warga Kota Sukabumi khususnya warga usia produktif.

Selain itu, juga ada program Little Sukabumi yang merupakan program sinergitas antara Kota Sukabumi dengan kota lainnya di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Bali, dengan mendirikan layanan informasi, pusat belanja, display atau menata produk unggulan Kota Sukabumi. Selanjutnya juga ada program Forum SASA (Silih Asah dan Silih Asih) Kota Sukabumi, untuk menumbuhkan dan menghidupkan kembali rasa kesetiakawanan sosial di kalangan masyarakat Kota Sukabumi, serta untuk mendorong masyarakat Kota Sukabumi supaya dapat berpartisipasi dan turun tangan apabila ada masalah sosial yang terjadi, bersama-sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi dan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya secara terpadu.

Kemudian juga ada Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Keterampilan dan Bimtek (Bimbingan Teknis) untuk para pencari kerja usia produktif di Kota Sukabumi, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan, baik di dalam maupun di luar Kota Sukabumi, serta ada pelatihan dan pendampingan terhadap para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi, yang maksud dan tujuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM di Kota Sukabumi.

Penandasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat mengikuti Rakor (Rapat Koordinasi) TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Jawa Barat, tepatnya tanggal 5 November 2018, di Ruangan Pertemuan Kantor Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jawa Barat, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam rangka upaya menanggulangi angka kemiskinan di Jawa Barat, dengan cara menyejahterakan masyarakat.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengharapkan, melalui berbagai program tersebut, masyarakat Kota Sukabumi memiliki pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan, serta dapat memunculkan wirausaha baru dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, bukan menjadi pekerja. Untuk itu, Wakil Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat  khususnya kepada SKPD serta instansi dan lembaga terkait lainnya di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan membantu, supaya berbagai program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga tingkat kemiskinan di Kota Sukabumi bisa berkurang.

Leave a Reply