PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI MERAIH ANUGERAH PANDU NEGERI TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi kembali meraih Anugerah Pandu Negeri Tahun 2018, untuk kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik dari IIPG (Indonesian Institute for Public Governance). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, di Hotel Grand Sahid, Sudirman Jakarta. Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Anugerah Pandu Negeri ini merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan, untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, yang telah berhasil melakukan berbagai terobosan dan inovatif dalam meningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah.

Dijelaskannya, dari seluruh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota  se Indonesia, dilakukan penyaringan dan penjurian oleh Tim Independen, dengan kriteria penilaian beberapa tahap, mulai dari survey lapangan hingga pengolahan berbagai data, yang terdiri dari aspek tata kelola keuangan dan pelaporan keuangan daerah, penetapan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) yang tepat waktu, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategik serta berbagai terobosan dan inovasi lainnya yang dikerjakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, untuk kemajuan daerahnya masing-masing. Diharapklannya, dengan diraihnya Anugerah Pandu Negeri ini, semua pihak khususnya aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dapat meningkatkan kinerja dalam berbagai bidang ke arah yang lebih baik lagi, khususnya dalam meningkatkan kemajuan Kota Sukabumi dan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam berbgai bidang.

Dijelaskan pula, selain meraih Anugerah Pandu Negeri Tahun 2018 untuk kategori Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik dari IIPG, Pemerintah Kota Sukabumi juga meraih Penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Pemerintah Pusat, atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun Anggaran  2017, untuk keempat kalinya secara berturut-turut, tepatnya dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017. Kemudian Penghargaan Sanitasi Award Tahun 2018 dari Pemerintah Pusat, dan SMP Negeri 16 Kota Sukabumi berhasil meraih gelar juara ke 2 LSS (Lomba Sekolah Sehat) Tingkat Nasional Tahun 2018 untuk kategori sekolah dengan pencapaian terbaik atau best achievement, serta JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, meraih JDIH Award sebagai juara pertama terbaik se Jawa Barat Tahun 2018.

Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instani dan lembaga terkait, yang telah berupaya optimal dan bekerja keras, sehingga Kota Sukabumi dapat meraih sejumlah penghargaan tersebut. Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan, dengan diraihnya sejumlah penghargaan tersebut, dapat menjadi motivasi dan pemicu kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk terus meningkatkan kinerja sekaligus meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan, serta kesolidan dan kolaborasi ke arah yang lebih baik lagi, supaya Kota Sukabumi dapat meraih kembali penghargaan dalam berbagai bidang.

Leave a Reply