AKREDITASI RUMAH SAKIT ADALAH PENGAKUAN TERHADAP RUMAH SAKIT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan terhadap Rumah Sakit, yang diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi, yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, setelah dinilai bahwa Rumah Sakit itu memenuhi standar pelayanan Rumah Sakit yang berlaku, untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkesinambungan. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, pada kegiatan Workshop Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi I, tepatnya tanggal 6 November 2018, di Ballroom Hotel Horison Kota Sukabumi, serta diikuti oleh seluruh Rumah Sakit yang ada di Kota Sukabumi.

Diharapkannya, kegiatan workshop ini dapat menjadi momentum terbaik bagi manajemen Rumah Sakit untuk melangkah lebih maju lagi, supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu juga diharapkan, seluruh Rumah Sakit yang ada di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya, supaya Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Kota Sukabumi bisa merata, khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, sebanyak 6 Rumah Sakit yang ada di Kota Sukabumi harus terakreditasi, supaya tidak ada ketimpangan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dikatakannya, kendati secara keseluruhan Rumah Sakit di Kota Sukabumi sudah terakreditasi. tapi mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus ditingkatkan dan berkesinambungan. Dikatakan pula, sesuai dengan pasal 40 ayat 1 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan, Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal tiga tahun sekali.

Disamping itu Wali Kota Sukabumi menandaskan sekaligus meyakini, apabila mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit di Kota Sukabumi dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal, tidak menutup kemungkinan masyarakat dari luar di Kota Sukabumi akan datang ke Kota Sukabumi, untuk memeriksa kesehatan sekaligus berobat di Rumah Sakit yang ada di Kota Sukabumi. Apalagi untuk ke depannya, akses menuju Kota Sukabumi akan lebih mudah dan cepat, dengan dibangunnya Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi serta Bandar Udara Sukabumi. Hal tersebut harus dijadikan peluang oleh semua pihak termasuk Rumah Sakit, khususnya dalam mencapai Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Leave a Reply