WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MEMBUKA MALAM PUNCAK SUKMA TAHUN 2018

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., hari Sabtu malam, 8 Desember 2018, bertempat di Auditorium SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, secara resmi membuka Malam Puncak Sukma (Sukabumi Movie Award) Tahun 2018. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika), KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Jawa Barat, Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, LPPL RSPD (Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi, para Seniman Perfilman, Praktisi Pendidikan Film, Industri Televisi Lokal, Kepala, Dewan Guru dan Pelajar SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya. Selain itu, juga perwakilan dari berbagai daerah, diantaranya dari Kalimantan, Bali, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Sukma  merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kompetensi Keakhlian Teknik Produksi Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian. Suksesnya acara tersebut menjadi acuan bagi konsistennya Sukma, sebagai salah satu wadah untuk mengapresiasi karya-karya Pelajar Indonesia, serta sebagai sarana silaturahmi para filmmaker, untuk mengetahui perkembangan film dalam setiap tahunnya. Dijelaskan pula, mengingat besarnya minat dan potensi para sineas muda untuk membuat suatu karya dan sebagai wujud nyata kecintaan terhadap karya anak bangsa, Kompetensi Keakhlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, menyelenggarakan Malam Puncak Sukma berskala nasional, dengan melibatkan berbagai potensi pelajar di tanah air.

Semetara Ketua Panitia Pelaksana, Rizky Mochammad Rayadi menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Malam Puncak Sukma ini, untuk mengenalkan karya film para sineas lokal kepada masyarakat, serta untuk memperluas jaringan silaturahmi antara filmmaker, sekaligus untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya melalui film dan menambah koneksi antara komunitas se Indonesia. Selain itu, juga memberikan fasilitas bagi para filmmaker, untuk mempertontonkan karya filmnya kepada masyarakat luas. Sedangkan tema yang diangkat dalam Malam Puncak Sukma ini, yakni Semangat Untuk Berbudaya, Indonesia Berkarya. Adapun kategori yang dilombakan, seluruhnya mencapai 8 kategori. Antara lain Kategori Ceritera Terbaik, Kategori Dokumenter Terbaik, Kategori Iklan Masyarakat Terbaik, Kategori Musik Terbaik, Kategori Sutradara Terbaik, Penata Kamera Terbaik, Kategori Penata Suara Terbaik, dan Penghargaan Partisipan.

Leave a Reply