WAKIL WALI KOTA SUKABUMI MELAUNCHING TAPPING BOX DAN APLIKASI PANTAS

Reporter / Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., melaunching Tapping Box atau Mesin Pencatat Transaksi di setiap wajib pajak di Kota Sukabumi dan Aplikasi Pantas (Pajak Online Kota Sukabumi), serta Sosialisasi GNNT (Gerakkan Nasional Non Tunai), Cikur (Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah) dan Kewajiban Penggunaan Rupiah, di Citymall Sukabumi, tepatnya tanggal 15 November 2018.

Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., PLT (Pelaksana Tugas) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., Kepala BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M.. Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Kepala Bank BJB Cabang Sukabumi, perwakilan dari seluruh bank yang ada di Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi atas nama Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas dilaksanakannya acara tersebut, yang digagas oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat serta Bank BJB Cabang Sukabumi, dengan tagline Sukabumi Mapag Rupiah Mantap, serta Sosialisasi Cikur, Sosialisasi Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai dan Penukaran Uang Tidak Layak Edar serta uang yang dicabut dan ditarik dari peradaran, bagi masyarakat dan bank yang ada di Kota Sukabumi.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Sukabumi mengajak kepada segenap lapisan masyarakat serta para pedagang dan pengusaha, untuk menggunakan transaksi non tunai dalam setiap pembayaran, karena dapat memberikan kemudahan dan kecepatan serta keamanan dan efisiensi, yang pada akhirnya dapat membentuk kebiasaan untuk bertransaksi secara non tunai. Selain itu juga dapat meningkatkan akses masyarakat kepada lembaga keuangan, serta dapat mengurangi peredaran dan pengelolaan uang tunai dan menekan potensi kebocoran serta penyalahgunaan dan kejahatan. Dijelaskannya, Pemerintah Kota Sukabumi sudah melaksanakan transaksi non tunai dalam pengelolaan keuangan sejak bulan November 2017 yang lalu. Salah satunya dalam hal pelaporan, perhitungan dan pembayaran pajak melalui Aplikasi Pantas.

Menyinggung Tapping Box, seperti dikatakan Wakil Wali Kota Sukabumi, selain untuk meningkatkan kesadaran para wajib pajak, juga untuk mempermudah para wajib pajak dalam membuat laporan omzet dan menghitung besaran pajak, serta untuk meningkatkan akurasi data penerimaan pembayaran pajak, sekaligus untuk meminimalisir kebocoran PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi, khususnya dari sektor pajak.

Leave a Reply