DISKOMINFO KOTA SUKABUMI SUDAH MENYELENGGARAKAN FGD TAHUN 2018-2023

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Editor      : ENDANG SUMARDI

Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, sudah menyelenggarakan FGD (Focus Group Discussion) Tahun 2018-2023, tepatnya tanggal 19 Desember 2018, di Hotel Fresh Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. Sukarman, M.Pd. Sedangkan yang menguikuti kegiatan tersebut, seluruhnya berjumlah 60 orang, yang terdiri dari perwakilan setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah serta undangan lainnya.

Dalam sambutanya Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menandaskan, bahwa FGD ini merupakan rencana penyusunan Renstra (Rencana Strategis) Diskominfo Kota Sukabumi, untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. Berkaitan dengan hal tersebut, Diskominfo Kota Sukabumi membutuhkan masukan dari setiap OPD, para Camat dan Lurah serta yang lainnya. Maksud dan tujuannya, supaya Diskominfo Kota Sukabumi  bisa berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Sukabumi, terutama dalam merubah Kota Sukabumi yang berbasis elektronik. Dijelaskannya, sekarang di pemerintah sudah ada SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik). Selain itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengharapkan, Pemerintah Kota Sukabumi dapat menjadi pemerintah yang memiliki tata pengelolaan pemerintahan yang baik, salah satunya dengan menggunakan teknologi informasi.

Sementara Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Diskominfo Kota Sukabumi, Ilham Gunawan, S.IP. selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, dilaksanakannya FGD ini merupakan rangkaiaan kegiatan yang diselenggarakan Diskominfo Kota Sukabumi, untuk menyusun Renstra Diskominfo Kota Sukabumi Tahun 2018-2023, sekaitan dengan berakhirnya Renstra Diskominfo Kota Sukabumi Tahun 2013-2018. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya FGD ini, untuk menentukan arah dan kebijakan Diskominfo Kota Sukabumi, dalam menyelenggarakan pemerintahan khususnya di bidang komunikasi dan informatika, pengamanan persandian dan pengelolaan statistik, sebagai urusan wajib non pelayanan dasar yang menjadi core area Diskominfo Kota Sukabumi. Disamping itu, juga untuk mendapatkan beberapa rencana kerja Diskominfo Kota Sukabumi, khususnya yang berkaitan dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Diskominfo Kota Sukabumi.

Sedangkan yang menjadi nara sumber dalam kegiatan FGD ini, yakni dari Diskominfo Kota Sukabumi dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, memaparkan program kerja khususnya yang berkaitan dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan keselarasan penyusunan Renstra dinas, sehingga dapat tersusun dokumen Renstra yang baik, sinergis dan terarah serta dapat dijadikan kerangka acuan dalam pelaksanaan program kerja dinas ke depan.

Leave a Reply