KETERAMPILAN KOMUNIKASI SANGAT PENTING DIMILIKI OLEH SETIAP ORANG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Sebagaimana ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, keterampilan komunikasi sangat penting dimiliki oleh setiap orang, untuk berinteraksi dalam bebagai bidang kehidupan dan lingkungan sekitar. Karena keterampilan komunikasi sangat berguna untuk mengetahui berbagai bidang kehidupan dan lingkungan yang lebih luas lagi. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi materi pada acara Pelatihan Skill Komunikasi, tepatnya tanggal 5 Januari 2018, di Hotel Fresh Kota Sukabumi, yang mengambil tajuk Speak Up and Dare To Be A Leader and Show your Feeling Show Yourself.

Ditandaskan pula, dalam organisasi keterampilan berkomunikasi sangat berguna untuk mengefektifkan setiap fungsi manajemen. Berkaitan dengan hal tersebut, pelatihan communication skill ini sangat penting sekali, untuk berkomunikasi antara instruktur dengan para peserta. Oleh karenanya, setiap peserta harus menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik dalam bentuk verbal maupun non verbal dalam jarak yang dekat, serta saling mengirim dan menerima pesan yang berlangsung secara simultan dan spontan. Selanjutnya ditandaskan, communication skill juga berfungsi untuk menjembatani arti atau makna baru, menjelaskan deskripsi dan tugas, serta mendorong semangat dan kekompakan peserta dan kelompoknya dalam mengemban fungsi utility dan cohesion, termasuk dalam mengeliminasi berbagai hal yang tidak berguna atau tidak fungsional.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menandaskan, perkembangan teknologi komunikasi telah merevolusi rutinitas serta telah mengubah setiap aspek kehidupan masyarakat sehari-hari, baik dalam berkomunikasi maupun dalam belajar dan dalam bersosialisasi. Adapun dampak positif dari teknologi komunikasi ini, yakni dapat menghemat waktu, menyederhanakan komunikasi dan membuatnya lebih dinamis. Sedangkan dampak negatif dari teknologi komunikasi ini, yakni membuat para pengguna menghadapi radiasi dari gadget, serta membuat masyarakat sangat bergantung pada alat teknologi komunikasi, dan dampak lainnya yang diperdebatkan oleh para pakar kesehatan dunia. Kedua konsekuensi tersebut, dikembalikan lagi kepada individu masyarakat masing-masing, khususnya dalam menanggapi dan mengatasi dampaknya.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, terlepas dari kenyataan tersebut, ada dampak sosial yang bisa disaksikan setiap hari oleh masyarakat. Sebab alat digital ini telah merambah dan mendominasi terhadap seluruh kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda. Selain itu juga dikatakan, kemajuan teknologi komunikasi telah berkembang sangat pesat, serta sangat memungkinkan seluruh masyarakat untuk menggunakan berbagai alat teknologi komunikasi, seperti Medsos (Media Sosial) dan yang lainnya. Sebab dengan teknologi komunikasi ini, seluruh masyarakat mengalami cara baru untuk bersosialisasi, tanpa bertemu secara langsung. Disamping itu, cara berkomunikasi menjadi lebih mudah, serta dapat memberi perubahan khususnya dalam merespons berbagai kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply