PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT MENYERAHKAN HIBAH BUS WISATA UNIK KEPADA PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan hibah Bus Wisata Unik tahap pertama, kepada Pemerintah Kota Sukabumi beserta 12 Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota lainnya di Jawa Barat, masing-masing 1 unit. Bus tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, tepatnya tanggal 22 Desember 2018 yang lalu, di Halaman Gedung Sate Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan sebelumnya, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat hibah 5 unit BRT (Bus Rapid Transit) dari Kementerian Perhubungan RI, juga diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Nusantara Tahun 2018 Tingkat Jawa Barat, tepatnya tanggal 19 Desember 2018 yang lalu, di Halaman Gedung Sate Provinsi Jawa Barat.

Adapun maksud dan tujuan diserahkannya hibah Bus Wisata Unik tersebut, menurut Gubernur Jawa Barat untuk menunjang sekaligus meningkatkan kepariwisataan di daerah kota dan kabupaten yang memiliki potensi wisata perkotaan dan wisata pusat kota, seperti Kabupaten Sumedang untuk di alun-alun. Dijelaskannya, Bus Wisata Unik tersebut dirancang sendiri oleh Gubernur Jawa Barat. Sedangkan pengadaan bus tersebut, didanai dari dana CSR Bank BJB jatah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sementara pengelolaan dan penggunaan bus tersebut, diserahkan kepada masing-masing-masing kota dan kabupaten.

Dalam pada itu, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, pihaknya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang telah menghibahkan Bus Wisata Unik tersebut, serta modelnya mirip dengan BANDROS (Bandung Toru on Bus). Diharapkannya, dengan mendapat hibah bus tersebut, dapat mendongkrak sekaligus meningkatkan potensi wisata dan perekonomian di Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, bus tersebut akan dioperasikan pada awal tahun 2019, bekerjasama dengan Organda (Organisasi Angkutan Darat) Kota Sukabumi. Namun untuk nama bus tersebut, Wali Kota Sukabumi meminta ide dan masukan dari masyarakat Kota Sukabumi, tapi namanya harus yang baik dan lucu. Seperti BANDROS di Bandung, SAKOCI (Saba Kota Cimahi) di Cimahi, dan UNCAL (Unforgettable City Tour at Lovable City) di Bogor.

Leave a Reply