JUMLAH PENCARI KERJA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI PADA TAHUN 2018 MENGALAMI PENURUNAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Jumlah pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi, pada tahun 2018 mengalami penurunan dari tahun 2017. Seperti dikatakan PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Dra. Hajah Iyan Damayanti, M.Si., hal tersebut bisa dilihat dari masyarakat Kota Sukabumi yang membuat AK-1 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kartu Kuning Tanda Pencari Kerja ke Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, pada tahun 2018 mencapai 5.539 orang, atau mengalami penurunan sebanyak 714 orang dari tahun 2017, karena pada tahun 2017 mencapai 5.713 orang.

Dijelaskannya, penurunan jumlah pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi ini, kemungkinan sebagian sudah terserap di berbagai perusahaan, sehingga tidak membuat AK-1 lagi. Namun demikian,  menurut PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, jumlah pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi ini masih banyak, karena masyarakat Kota Sukabumi yang membuat AK-1 ke Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, dalam setiap harinya cukup banyak.

Adapun upaya dalam mengurangi jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi, seperti diungkapkan PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi sudah meluncurkan beberapa program, diantaranya Sukabumi Kece (Kelurahan Entrepreneurship Center), sebagai pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi, yang diprioritaskan untuk warga Kota Sukabumi usia produktif, yakni usia 16 sampai dengan 30 tahun, serta dalam setiap tahunnya ditargetkan dapat menciptakan dan mencetak sebanyak 1.500 wirausaha muda di Kota Sukabumi.

Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga senantiasa berupaya optimal menyelenggarakan job fair atau bursa kerja secara rutin setiap tahun, bekerja sama dengan puluhan perusahaan, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi. Dikatakannya, dalam setiap menyelenggarakan job fair, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa menargetkan sebanyak 5.000 orang dapat terserap oleh berbagai perusahaan. Sedangkan pada penyelenggaraan job fair tahun 2018, dapat menyerap sebanyak 5.246 orang pencari kerja oleh berbagai perusahaan, atau melebihi target sebanyak 246 orang.

Disamping itu, pihaknya juga sering menyelenggarakan berbagai pelatihan keterampilan kepada para pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan dan kemampuan kepada para pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi. Dengan demikian, pada saat masyarakat tersebut melamar pekerjaan, sudah memiliki pengetahuan dan wawasan serta keterampilan dan kemampuan, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dijelaskannya, pada tahun 2019 ini, pihaknya sudah merencanakan serta akan menyelenggarakan berbagai pelatihan keterampilan kepada para pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi. Diharapkannya, dengan berbagai upaya tersebut, jumlah pencari kerja masyarakat Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami penururnan.

Leave a Reply