PD WALUYA KOTA SUKABUMI HARUS MENDAPAT PERHATIAN KHUSUS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, S.Si., M.T., M.Sc. menandaskan, PD (Perusahaan Daerah) Waluya Kota Sukabumi harus mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Sukabumi. Karena kendati unit-unit usaha yang dikelola oleh PD tersebut dari mulai kefarmasian, kacamata dan kerjasama dengan para penyedia makanan masih berjalan, tapi kondisi secara keseluruhan kurang baik.

Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi untuk ke depannya sudah memiliki rencana mendirikan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), yang bisa menangani berbagtai kegiatan usaha Pemerintah Kota Sukabumi. Namun demikian, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi belum mengetahui tentang nasib PD Waluya Kota Sukabumi ke depannya. Sebab hal tersebut merupakan kewenangan Kepada Daerah. Sedangkan untuk BUMD lainnya, seperti PD Bank Pasar Kota Sukabumi dan PDAM TBW (Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, berdasarkan hasil pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Tahun 2018 masih tergolong baik dan sehat.

Selain itu, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi juga menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi beserta Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur serta Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi), bebarpa waktu yang lalu penah diundang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, membahas tentang kerjasama pasokan pangan khususnya daging ke daerah Provinsi DKI Jakarta. Sebab kebutuhan pangan di Provinsi DKI Jakarta, dalam setiap harinya sangat besar, Hal tersebut merupakan kesempatan bagi Kota Sukabumi, untuk memasok sekaligus memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Provinsi DKI Jakarta. khususnya komoditi daging.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Sukabumi mengharapkan, ke depan di Kota Sukabumi ada BUMD yang mengurus dan mengatur bebagai kebutuhan pasar, seperti di DKI Jakarta. Bahkan di DKI Jakarta memiliki 3 BUMD yang mengatur urusan pasar. Antara lain PT Food Stasion, PD Pasar dan PD Darmajaya yang menyuplai kebutuhan pasar. Maksud dan tujuannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan kerjasama Pemerintah Kota Sukabumi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bidang pangan terserbut, karena kerjasama tersebut urusannya dengan PD Darmajaya. Dikatakannya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 pun, menginginkan agar di Kota Sukabumi ada BUMD yang mengurus dan mengatur bebagai kebutuhan pasar di Kota Sukabumi.

Leave a Reply