PEMERINTAH KOTA SUKABUMI KEMBALI RAIH PIALA ADIPURA

Reporter  : KHAERU SOBRI

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Editor       : RATNA NURSEHA

Pemerintah Kota Sukabumi kembali meraih Piala Adipura kategori Kota Sedang, dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) RI, untuk ke 6 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2018. Piala tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., kepada Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beserta para Bupati dan Wali Kota lainnya, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Usai menerima piala tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., menyatakan sangat bersyukur bisa mempertahankan anugerah Adipura yang ke 6 kalinya diraih Kota Sukabumi. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak, yakni pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi, khususnya DLH Kota Sukabumi, yang senantiasa berupaya optimal menjaga kebersihan dan keteduhan serta kesehatan lingkungan di wilayah Kota Sukabumi. Diharapkannya, penghargaan ini menjadi pendorong bagi pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi, untuk terus bersinergis menjaga lingkungan, sehingga Kota Sukabumi menjadi kota yang nyaman, asri dan indah.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menyebutkan, bahwa Kota Sukabumi meraih Adipura sejak tahun 2009 sampai dengan tahun 2018 dan ada 9 piala Adipura, yang terdiri dari 2 plakat dan 7 piala Adipura. Dijelaskannya, indikator Adipura yakni bersih, teduh dan sehat secara berkelanjutan. Kota Sukabumi sudah memenuhi indikator tersebut, dengan melakukan pengelolaan sampah secara optimal, dari mulai sumbernya hingga ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyak dan bertambahnya jumlah TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle), serta berkembangnya Bank Sampah dan penataan di TPA. Disamping itu, juga kesadaran masyarakat Kota Sukabumi dalam melaksanakan pengelolaan sampah, melalui program 3-R mulai meningkat dan berkembang. Kepala DLH Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi, yang telah menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungannya. Diharapkannya, kesadaran masyarakat dapat dipertahankan, sehingga Kota Sukabumi bisa tetap meraih piala Adipura untuk tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply