PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENDUKUNG PORISMAS SETUKPA CUP DILAKSANAKAN RUTIN SETIAP TAHUN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi mendukung Porismas (Pekan Olahraga dan Seni antara Siswa dan Masyarakat) Setukpa Cup, dilaksanakan rutin setiap tahun. Karena pelaksanaan Porismas Setukpa Cup 2019 yang dimotori oleh para peserta didik Setukpa Lemdiklat (Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan dan Pelatihan) Polri Sukabumi angkatan ke 48 ini dinilai sukses. Disamping itu, kegiatan ini sudah 17 tahun tidak dilaksanakan, dan baru dilaksanakan kembali pada tahun 2019 ini. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat menghadiri penutupan Porismas Setukpa Cup 2019, sekaligus penyerahan penghargaan dan piala kepada para juara serta piala bergilir Setukpa Cup 2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tepatnya sejak tanggal 22 sampai dengan 25 Juli 2019 ini, dibuka dan ditutup secara resmi oleh Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Brigjen Pol Agus Suryatno, bertempat di Lapangan Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Porismas Setukpa Cup ini merupakan kegiatan yang bagus dan luar biasa, serta mendapat sambutan secara antusias dari masyarakat, khususnya dari para pelajar di Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi siap melakukan kolaborasi dengan Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dan peserta didik yang tengah menjalani pendidikan, untuk melaksanakan Porismas Setukpa Cup pada tahun-tahun berikutnya, diantaranya dengan menyediakan fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Sukabumi, untuk digunakan kegiatan tersebut.

Dalam pada itu Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Brigjen Pol Agus Suryatno mengatakan, Porismas Setukpa Cup 2019 dinilai sukses, karena mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat Sukabumi. Untuk itu, kegiatan ini pada tahun depan akan dilaksanakan kembali, karena masuk kurikulum Setukpa. Dikatakan pula, animo pelajar Sukabumi untuk mengikuti Porismas Setukpa Cup 2019 ini cukup tinggi, yakni mencapai 2.215 pelajar tingkat SMA, MA dan Pesantren yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta telah mengikuti pertandingan dengan penuh perjuangan dan tidak menyerah sampai detik terakhir.

Lebih jauh dikatakan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberi pembelajaran positif bagi pembentukan karakter generasi yang tangguh dan unggul, serta berani bersaing di masa yang akan datang. Selain itu juga untuk meningkatkan integrasi antara Setukpa dengan masyarakat Sukabumi, serta kekompakan dengan pemerintah daerah dalam mendampingi para pelajar agar berprestasi.

Adapun cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan dalam Porismas Setukpa Cup 2019 ini, terdiri dari bola voli, basket, tenis meja, bulu tangkis dan PBB (Peraturan Baris Berbaris), serta MTQ dan Marawis. Sedangkan rencana tahun depan, atlet terbaik akan mendapatkan rekomendasi untuk ikut seleksi bintara atau Akpol (Akademi Polisi), supaya atlet tersebut dapat terus berkembang dan lebih baik lagi pada masa mendatang.

Leave a Reply