BIANGLALA ILMU DINILAI TIM LOMBA PERPUSTAKAAN NASIONAL

Reporter : PKL

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Bianglala Ilmu, Perpustakaan SMAN 3 Kota Sukabumi  dinilai oleh  Tim Penilai Lomba Perpustakaan Nasional, pada hari Jumat, 26 Juli 2019. Kedatangan Tim Penilai tersebut, disambut Kepala Sekolah, para guru dan siswa – siswi SMAN 3 Kota Sukabumi, serta disuguhi penampilan kesenian Paduan Suara SMAN 3 Kota Sukabumi. Turut hadir dalam acara tersebut, Duta Literasi Jawa Barat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu, S.H,M.H., beserta jajaran.

Dalam sambutan ketua tim penilai, Dra. Sri Sulastri, M.Si., ditandaskan bahwa SMAN 3 kota Sukabumi, telah masuk posisi 15 besar nasional. Sedangkan  tujuan  kedatangan tim penilai saat ini adalah untuk melakukan verifikasi dan mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk  penentuan peringkat 6 besar nasional. Dalam penentuan peringkat tersebut, masih ada tahapan penilaian akhir berupa presentasi di Jakarta pada tanggal 14 Agustus mendatang. Sedangkan hasil penilaian akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2019.

Seusai penyambutan, tim penilai melakukan kunjungan lapangan ke Perpustakaan SMAN 3 Kota Sukabumi serta memeriksa setiap kelas untuk menilai fasilitas pojok literasi yang ada di setiap kelas.

Kepala Perpustakaan SMAN 3 Kota Sukabumi, Khaerunisah, M.Pd ,menyampaikan bahwa persiapan lomba ini dilakukan selama 3 bulan. Masa persiapan tersebut berjalan lancar dan dalam lomba tingkat nasional ini, Perpustakaan SMAN 3 Kota Sukabumi mengedepankan berbagai inovasi yaitu, Rabu Baca (Rabu Wajib Membaca). Dalam kegiatan tersebut siswa – siswi bukan hanya membaca tetapi juga membuat ulasan buku yang dibaca. Kemudian program Serasa (Sekolah Ramah Anak Sekolah Sehat dan Adiwiyata) yakni pendekatan parenting untuk menggiatkan anak berkunjung ke perpustakaan. Selain itu juga inovasi yang dinamakan Sepetak ( Sepeda Pustaka) yakni layanan perpustakaan yang ditujukan kepada masyarakat di sekitar SMAN 3 Kota Sukabumi. Kemudian juga memiliki Komunitas Sepeda Perpustakaan atau yang dikenal dengan Si Kasep.

Sebelum berkunjung ke SMAN 3 Kota Sukabumi, tim penilai terlebih dahulu diterima oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beserta jajaran di ruang utama Balai Kota Sukabumi. Dalam sambutannya, Wali Kota, menandaskan bahwa kedatangan tim penilai bukan hanya mengenai lomba, tetapi juga merupakan pembinaan agar dapat membenahi kekurangan – kekurangan yang ada, sehingga gerakan literasi lebih meningkat. Wali Kota juga menegaskan budaya literasi menjadi salah satu fokus pembangunan Kota Sukabumi dan saat ini telah masuk dalam sasaran RPJMD atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Leave a Reply