PARA ORANG TUA AGAR MEMBERIKAN PELAJARAN YANG TERBAIK KEPADA ANAK-ANAKNYA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi, senantiasa medorong para orang tua, agar memberikan pelajaran dan pengajaran yang terbaik kepada anak-anaknya. Demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat membuka secara resmi Sosialisasi Parenting Tahun 2019, baru-baru ini, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., para Camat dan Lurah, serta para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi.

Dikatakannya, Sosialisasi Parenting ini sangat penting dilaksanakan, sebagai proses pembelajaran, pengasuhan dan interaksi antara orang tua dan anak, yang meliputi aktivitas memberi petunjuk, memberi makan, memberi pakaian dan melindungi anak pada saat tumbuh berkembang.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga menekankan pentingnya peran pasangan suami dan isteri dalam mendukung suksesnya amanah yang dipegang, seperti halnya camat dan lurah. Adapun amanah jabatan camat dan lurah merupakan garda terdepan atau ujung tombak pembangunan, yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Sebab baik amanah suami dan isteri maupun camat dan lurah, tidak mungkin dipikul sendiri, tapi memerlukan penopang serta harus saling mengingatkan dan mengisi dalam menjaga dan menjalankan amanah.

Dkatakannya, peran orang tua baik suami dan isteri sangat besar dalam menciptakan dan mewujudkan keluarga yang berketahanan lahir dan batin. Diantaranya dengan menerapkan 8 fungsi keluarga, yang terdiri dari agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, serta ekonomi dan lingkungan. Demikian pula camat dan lurah, sebagai pejabat di wilayah, dengan kewenangannya masing-masing, berbagai dinamika dan kesulitan harus dihadapi dan ditangani dengan baik dan iklas. Hal tersebut sangat penting dilakukan, untuk menunjang kelancaran dan perwujudan Visi Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Sementara Kepala Disdalduk, KB/ P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Hj. Nur’aeni Komarudin, S.IP., M.Si. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Parenting ini, untuk mewujudkan dan meningkatkan keluarga yang berketahanan, dengan menerapkan 8 fungsi keluarga.

Leave a Reply