FESTIVAL WALUNGAN CISUDA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dalam rangka memperingati Hari Sungai, Aliansi Pelestari Lingkungan Sukabumi Raya (APELSURA) mengadakan Festival Walungan Cisuda Tahun 2019, pada hari Jumat, 2 Agustus 2019 di Kampung Babakan Bandung RW.01 Kelurahan Subang Jaya Kecamatan Cikole. Hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, beserta jajaran, para mahasiswa, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi, menandaskan bahwa sudah saatnya kerusakan – kerusakan lingkungan diperbaiki dengan cara berkolaborasi, bersama – sama dan saling memberikan kontribusi yang terbaik dalam usaha memperbaiki lingkungan. Ia menilai positif terselenggaranya Festival Walungan Cisuda, karena memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya sungai dalam kehidupan dan berharap Kecamatan serta Kelurahan lain, mencontoh kegiatan ini, dalam usaha mengembalikan kondisi maupun fungsi sungai sekaligus mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan.

Sedangkan Lurah Subang Jaya sebagai  Ketua kegiatan Festival Walungan Cisuda, Fery Munggaran, S.STP.M.AP., menjelaskan bahwa Kelurahan Subang Jaya memiliki potensi yang besar untuk maju diantaranya karena masyarakat Subang Jaya masih memiliki rasa gotong royong yang kuat. Dalam hal melestarikan lingkungan, Kelurahan Subang Jaya memiliki program EKSIS atau Ekosistem Sehat Impian Semua sehingga festival ini, merupakan salah satu cara untuk memberikan wawasan kepada masyarakat menjaga lingkungan. Diharapkannya, Sungai Cisuda dijadikan kawasan konservasi dan aliran sungainya pun diperlebar.

Dalam festival ini dilakukan pula  penyebaran 2019 ekor Ikan Sidat dan Nila di Sungai Cisuda serta penanaman pohon disekitar aliran Sungai Cisuda. Dipentaskan pula teater dalam festival yang mengangkat tema “Dari Tanah Yang Terbelah, Amankan, Selamatkan dan Bebaskan”.

Leave a Reply