DINAS TENAGA KERJA MENGGUNAKAN DBHCHT UNTUK MENGADAKAN PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi pada tahun 2019, menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk mengadakan pelatihan keterampilan kerja untuk masyarakat. Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi pada tahun ini mengelola anggaran DBHCHCT sebesar Rp.550 juta yang digunakan untuk memberikan pelatihan keterampilan tata boga, menjahit dan guide wisata.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Drs. H.Didin Syarifudin, M.Si, pelatihan kerja ini selain mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keterampilan dan siap diterjunkan ke dunia kerja, juga diharapkan mampu melahirkan wirausahawan baru. Karena dengan keterampilan yang diberikan, para peserta bisa membuka usaha mereka sendiri dirumah masing – masing. Ia juga melihat, selama masa pelatihan kerja ini, progress para peserta sesuai dengan harapan.

Pelatihan yang tengah berlangsung sejak 15 Juli 2019 ini, diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari 50 peserta keterampilan menjahit, 25 peserta keterampilan tata boga dan 25 peserta dalam bidang guide wisata. Kisaran usia para peserta adalah 18 – 30 tahun dan lama pelatihan . Untuk mengikuti, pelatihan ini, para peserta tidak dipungut biaya apapun.

Selain keterampilan, para peserta pun diberikan wawasan peraturan perundangan mengenai ketenagakerjaan. Adapun narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan diantaranya dari PO Sangkuriang, tenaga ahli SMKN 3 Kota Sukabumi termasuk Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi.

Seusai pelatihan, para peserta akan menerima sertifikat kelulusan, dan akan disalurkan ke beberapa perusahaan sesuai dengan keterampilan mereka masing – masing. Pelatihan ini juga merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Sukabumi.

Leave a Reply