DINAS KOMINFO KOTA SUKABUMI BERTEKAD WUJUDKAN SATU DATA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi menyelenggarakan Rapat koordinasi Penyelenggaraan Data Sektoral Daerah dan Statistik Tingkat kota Sukabumi pada hari Rabu, 7 Agustus 2019, di Hotel Balcony Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya saat membuka rapat koordinasi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., menandaskan bahwa dengan adanya pengelolaan data dan statistik oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, diharapkan tersedianya data valid yang telah terverifikasi.

Ia juga menegaskan bahwa posisi Dinas Komunikasi dan Informatika adalah sebagai Wali Data, Bappeda sebagai pembina data, dan SKPD lain bertindak sebagai produsen data. Dengan adanya pembagian peran seperti itu, diharapkan dapat muncul satu data yang dapat dijadikan referensi dalam pengambilan kebijakan.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs.H.G.M. Sukarman M.Pd., menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini sangatlah strategis, karena telah dirilisnya Peraturan Presiden Nomor. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan terwujudnya satu data yang akurat, dapat dipertanggung jawabkan, sebagai landasan pembangunan.

Dalam upaya mewujudkan satu data, saat ini pula telah digunakan SIMDASI (Sistem Informasi Manajemen Data Terintegrasi) yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi. Diharapkannya melalui rapat koordinasi ini, para peserta yang terdiri dari perwakilan OPD, dapat memahami perannya masing – masing dalam pengelolaan data, sehingga manajemen data dapat berjalan dengan baik, akurat dan tepat waktu.

Rapat koordinasi ini menghadirkan narasumber Kasubdit Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kementerian Dalam Negeri, Tommy Nugraha. Kemudian Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Ida Ningrum S.SI.M.Pd, serta Kepala Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi, Saman, S.Si. Adapun materi yang diberikan diantaranya mengenai Satu Data Indonesia dan Penyelenggaraan Data Sektoral Daerah dan Statistik.

Leave a Reply