PELAKSANAAN KURBAN DI MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI TAHUN 2019

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Ahmad Fahmi, secara simbolis menyerahkan  hewan kurban, di halaman Masjid Agung Kota Sukabumi, pada hari Minggu pagi kemarin, 11 Agustus 2019, kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, selaku Ketua Pelaksana Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Agung Kota Sukabumi, Ir. H. Cecep Mansur, M.M.

Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), PLT Ketua DKM Dewan (Kemakmuran Masjid Agung) Kota Sukabumi, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Wali Kota Sukabumi menandaskan, bahwa pada hari ini akan dilangsungkan salah satu yang disunahkan oleh Rosululloh, yaitu pelaksanaan kurban. Ibadah kurban merupakan salah satu ketundukan dan ketaatan kepada Alloh, juga sebagai salah satu syiar keagamaan, dimana orang yang memiliki kemampuan, baik dalam bentuk sapi, domba, kambing dan sebagainya harus melaksanakan kurban. Sebab kurban dianggap sebagai indikator kesejahteraan, karena semakin meningkat peserta kurbanya akan semakin berkurang penerima kurbannya, serta angka kesejahteraan semakin membaik di masyarakat.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, selaku Ketua Pelaksana Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Agung Kota Sukabumi, Ir. H. Cecep Mansur, M.M.   menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kurban ini, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh, untuk meningkatkan kepedulian dan keshalehan sosial, serta untuk menjalin kebersamaan dan mempererat ukuwah islamiyah.

Sedangkan jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid Agung Kota Sukabumi, seluruhnya mencapai 25 ekor, yang terdiri dari 15 ekor Sapi dan 10 ekor Domba, yakni dari Pemerintah Kota Sukabumi sebanyak 5 ekor Sapi, BPR Pasar 1 ekor Sapi, RSUD R. Syamsudin, S.H. 1 ekor Sapi, Dinas Kesehatan 1 ekor Sapi, Dinas Pertaniaan dan Ketahanan Pangan 1 ekor Sapi, PDAM 1 ekor Sapi, Toserba Slamet 1 ekor Sapi, BPR Supra 1 ekor Sapi, Bank BJB 1 ekor Sapi, dan Gabungan Kepala SKPD 1 ekor Sapi. Adapun sasaran penerima kurban, diantaranya para mudhohi, masyarakat di sekitar Masjid Agung, lembaga, organisasi, majelis taklim dan panti asuhan, serta fakir miskin dan kaum dhuafa.

Leave a Reply