SEBANYAK 231 RUMAH DI KOTA SUKABUMI MENDAPATKAN PROGRAM BSPS

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) salah satunya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Tahun ini, Kota Sukabumi mendapatkan bantuan melalui program ini untuk 231 unit.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPUPRPKPP) Kota Sukabumi menjelaskan bahwa BSPS ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). BSPS untuk tahun ini sudah disalurkan di 2 kelurahan yaitu Kelurahan Karang Tengah sebanyak 74 unit dan Kelurahan Karamat sebanyak 55 unit. Sedangkan untuk penyaluran BSPS selanjutnya akan dilakukan di Kelurahan Benteng yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini.

Penanganan Rutilahu di Kota Sukabumi juga dilakukan melalui program bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2019, 160 unit rumah mendapatkan bantuan dari program tersebut. Pembangunan Rutilahu sendiri, merupakan sasaran dalam RPJMD Kota Sukabumi.

Untuk mengejar target RPJMD hingga tahun 2023, menurut DPUPRPKPP Kota Sukabumi, per tahunnya direncanakan 745 unit Rutilahu terbangun. Oleh karena itu, DPUPRPKPP Kota Sukabumi merencanakan akan kembali mengajukan bantuan Rutilahu pada tahun 2020 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian PUPR.

Dalam penyalurannya, BSPS akan langsung disalurkan ke penerima bantuan melalui rekening penerima bantuan. Sedangkan utuk Rutilahu bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat disalurkan melalui rekening BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat). Untuk besaran dana bantuan BSPS sebesar Rp. 17,5 juta per rumah dan dalam pelaksanaannya akan didampingi oleh para fasilitator.

Leave a Reply