WALI KOTA SUKABUMI MELAKUKAN KUNKER KE KAMPUS UI

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Tim Percepatan Pembangunan Kota Sukabumi dan Rektor UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi), Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd., melakukan Kunker (Kunjungan Kerja) ke Kampus UI (Universitas Indonesia), di Kota Depok, baru-baru ini, serta kedatangannya disambut dan diterima secara resmi oleh Wakil Rektor UI dan jajarannya.

Wali Kota Sukabumi mengatakan merasa bahagia dan gembira bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan Keluarga Besar UI. Karena kunker ke Kampus UI ini, tidak hanya dari Pemerintah Kota Sukabumi saja, akan tetapi juga dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Iyos Somantri, M.Si.

Dijelaskannya, Kota dan Kabupaten Sukabumi sebagai Sukabumi Raya, yang artinya tidak ingin ada sekat geografis yang memunculkan ego di setiap kewilayahan. Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan di Kota Sukabumi akan berdampak kepada Kabupaten Sukabumi. Demikian pula pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi akan berdampak kepada Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, dalam kunker ini, Pemerintah Kota Sukabumi menyampaikan program dan mimpi besar kedua daerah. Hal ini dilakukan, dengan berbagai keterbatasan ide dan kreatif, serta jaringan, penganggaran dan yang lainnya.

Lebih jauh dijelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi meyakini, apabila difasilitasi atau dijembatani oleh teman-teman dari Perguruan Tinggi seperti UI yang mempunyai jarigan nasional dan internasional, masalah tersebut bisa dihadapi dan Sukabumi akan lebih maju. Apalagi Pemerintah Kota Sukabumi sudah menjalin kerja sama atau MoU dengan UI. Diharapkannya, UI bisa memberikan dukungan dan saran untuk mewujudkan program pembangunan di Sukabumi, sehingga percepatan pembangunan di Sukabumi bisa dilakukan.

Disamping itu juga dijelaskan, di Kota Suabumi terdapat Kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) yang dinamakan Program Studi Di Luar Kampus Utama, serta menurut informasi, saat ini sudah masuk tahun ketiga, dan menurut rencananya pembangunan Kampus IPB di Kota Sukabumi selesai pada tahun depan. Diharapkannya, kedua kampus baik UI maupun IPB, dapat bersinergis bersama Pemerintah Kota Sukabumi dalam membangun Sukabumi.

Dalam kunker tersebut, Wali Kota Sukabumi memaparkan potensi Kota Sukabumi di bidang wisata heritage atau sejarah dan kuliner. Dikatakannya, dalam bidang wisata heritage, di Kota Sukabumi terdapat bangunan bersejarah seperti Rumah Pengasingan Bung Hatta. Selain itu, juga terdapat Museum Pegadaian satu-satunya di Indonesia yang bernilai sejarah. Sedangkan dalam bidang wisata kuliner, Kota Sukabumi sudah lama dikenal dengan kelezatan makanannya. Kedua potensi tersebut diharapkan bisa dimaksimalkan, di tengah keterbatasan SDA (Sumber Daya Alam) di Kota Sukabumi.

Leave a Reply