KWARCAB GERAKAN PRAMUKA KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN UPACARA ULANG JANJI PRAMUKA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, hari Selasa malam, 13 Agustus 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, melaksanakan Upacara Ulang Janji Pramuka, dalam rangka memperingati  Hari Pramuka Ke 58 Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

Upacara tersebut dirangkai dengan tasyakur bi nikmat, yakni telah dilantiknya secara resmi Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Masa Bhakti Tahun 2018-2023, oleh Ketua Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf, tepatnya tanggal 10 Agutus 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Adapun yang hadir dalam Upacara Ulang Janji Pramuka Tahun 2019 ini, antara lain Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), para Asisten Setda Kota Sukabumi, dan para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Selanjutnya para Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi, para Andalan Cabang, Mabiran, Kwaran, para Pamong Saka, para Pelatih dan Pembina Pramuka se Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi sekaligus sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi mengatakan, Ulang Janji Pramuka ini untuk mengingatkan kembali tentang Janji Pramuka, yakni Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, serta untuk mengingatkan komitmen semua pihak terhadap Gerakan Pramuka. Diharapkannya, Ulang Janji Pramuka ini bukan merupakan seremonial belaka, tapi harus betul-betul menyentuh terhadap sanubari para Anggota Pramuka. Salah satunya dengan membulatkan tekad dan mengobarkan semangat, untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian dalam mencapai tujuan bangsa, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur, berbasiskan Pancasila melalui Pramuka.

Dijelaskannya, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, mengamanatkan beban yang luar biasa berat kepada Anggota Dewasa Pramuka, khususnya dalam melaksanakan tugas membimbing, membina, melatih dan membentuk karakter Pra Siaga, Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Dijelaskan pula, usia 58 tahun Gerakan Pramuka merupakan usia yang sudah sangat matang, untuk mengisi kemerdekaan bangsa dan membangun generasi penerus bangsa yang berbudi luhur.

Leave a Reply