SKRINING KESEHATAN LANSIA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi melalui Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanakan kegiatan Skrining Pelayanan Kesehatan Lansia se- Kota Sukabumi selama 2 hari dari tanggal 19 hingga 20 Agustus 2019 di 7 Kecamatan.

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S Hamami, saat membuka kegiatan menandaskan, kegiatan pelayanan kesehatan pada lansia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan capaian  pada bidang kesehatan khususnya pelayanan kesehatan pada usia lanjut. Diharapkan melalui kegiatan ini, para lansia semakin tanggap dan peduli dengan kesehatannya sehingga angka harapan hidup di Kota Sukabumi semakin tinggi.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Promkes, Suprapto, S.Pd.,SKp.,M.M., menjelaskan bahwa berdasarkan kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM), para lansia yang telah berumur 60 tahun keatas, wajib minimal 1 kali untuk memeriksakan kesehatan mencakup antara lain pemeriksaan kondisi fisik, pemeriksaan kadar kolesterol dan gula darah.  Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan ini, beberapa pihak terlibat diantaranya Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Puskesmas, termasuk IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Selain itu, skrining kesehatan juga merupakan bentuk deteksi dini terhadap penyakit .

Adapun tujuan kegiatan skrining kesehatan lansia adalah meningkatkan kesadaran pada lansia untuk memelihara kesehatan sendiri, meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia, meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan lansia serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan lansia. Dinas Kesehatan menargetkan 42 ribu lansia dapat dilayani kesehatannya setiap tahun.

Leave a Reply