DESA DI JAWA BARAT NAIK KELAS

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa para inovator di Jawa Barat telah melahirkan karya luar biasa yang mendukung pembangunan desa – desa di Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, hari Rabu 21 Agustus 2019.

Ia menambahkan bahwa teknologi tepat guna yang ditampilkan pada Gelar Teknologi Tepat Guna ke – 9 ini, diharapkan mampu diterapkan dengan cepat di masyarakat dan  terasa dampaknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menyinggung pembangunan desa, Gubernur Jawa Barat, menandaskan bahwa saat ini sudah tidak ada desa di Jawa Barat dengan status sangat tertinggal dan desa berkembang kini naik status menjadi desa maju. Naiknya status desa merupakan salah satu fokus pembangunan di Jawa Barat yang didorong dengan inovasi Pemerintah Provinsi seperti Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara), Patriot Desa, 1 Desa 1 Tahfidz Quran, dan Talisa (Pusat Digital Desa).

Pada hari ke – 2 pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna di Kota Sukabumi, Gubernur Jawa Barat juga menandatangani MOU dengan E-Fishery yakni teknologi penebar pakan ikan otomatis menggunakan gawai atau gadget. Menurut Gubernur, penerapan teknologi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam upaya membangun desa. Selain itu teknologi yang juga tengah diujicobakan adalah teknologi pencari ikan yang diterapkan oleh para nelayan di Pelabuan Ratu Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat pada kesempatan tersebut juga menyerahkan penghargaan kepada Teknologi Tepat Guna terbaik dari kategori inovasi dan unggulan diantaranya untuk mesin pelet ikan dari Kota Sukabumi, alat penanam padi dari Kabupaten Tasikmalaya, panel kontrol suhu air pada kolam dan penabur pakan ikan dari kabupaten kuningan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Dedi Supendi, secara total ada 46 Teknologi Tepat Guna yang ditampilkan pada Gelar Teknologi Tepat Guna ke-9 di Kota Sukabumi. Ia juga menandaskan bahwa para juara gelar teknologi tepat guna baik dari kategori inovasi maupun unggulan akan diikutsertakan dalam penilaian teknologi tepat guna tingkat nasional.

Leave a Reply