GROUND BREAKING PEMBANGUNAN FLYOVER JALAN LINGKAR SELATAN KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melakukan ground breaking pembangunan Flyover Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, pada hari Rabu, 21 Agustus 2019. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wali kota Sukabumi,  H. Ahmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala DBMPR (Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Gubernur Jawa Barat menandaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus mempercepat pembangunan jalan dan flyover di Jawa Barat. Adapun maksud tujuan dibangunannya flyover ini, untuk memperlancar arus lalu lintas serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan pembangunan flyover ini, untuk menghubungkan Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi ke Jalan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, yang pengerjaannya ditargetkan selama 160 hari kerja, dengan menelan biaya sebesar Rp 33 milyar. Adapun realisasi pembangunan Lingkar Selatan ini, terdiri dari 4 segmen, yakni segmen 1 dari Cibolang Kabupaten Sukabumi sampai ke Jalan Pelabuhan 2 Kota Sukabumi sepanjang 6,90 kilo meter, segmen 2 dari Jalan Pelabuhan 2 Kota Sukabumi sampai dengan Jalan Baros Kota Sukabumi sepanjang 2,20 kilo meter, segmen 3 dari Jalan Baros Kota Sukabumi sampai dengan Wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi sepanjang 4,40 kilo meter yang saat ini sedang dilaksanakan, dan segmen 4 dari Wilayah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi  sampai dengan Rumah Makan Nikmat Kabupaten Sukabumi sepanjang 5,50 kilo meter, akan dikerjakan pada tahun 2020 mendatang.

Sementara Wali Kota Sukabumi mengatakan, pembangunan Flyover Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi ini, dapat memperlancar arus lalu lintas di Kota Sukabumi, serta dapat menekan dan mengurangi kemacetan di Kota Sukabumi, sekaligus meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam bidang tansportasi.

Dalam pada itu, Kepala DBMPR Provinsi Jawa Barat menjelaskan, pengerjaan pembangunan flyover ini ditargetkan harus selesai pada akhir tahun 2019. Dijelaskan pula, Jalan Lingkar Selatan ini sebagai jalan pintas yang menghubungkan jalan nasional ke arah Bogor dan Cianjur sepanjang 19 kilo meter. Dari panjang jalan tersebut, sudah dibangun sampai dengan segmen 3 sepanjang 13,5 kilo meter, dan hanya tersisa sepanjang 5,5 kilo meter lagi.

Leave a Reply