MELESTARIKAN BATIK YANG ADA DI PROVINSI JAWA BARAT

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Acara puncak Gelar TTG (Teknologi Tempat Guna) Ke 9 Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, diwarnai dengan pergelaran fashion show batik, dalam rangka upaya melestarikan batik yang ada di Provinsi Jawa Barat, tepatnya pada Rabu malam, 22 Agustus 2019, serta dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Eva Siti Rahmatillah, Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supendi, para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), dan para tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutanya Wali Kota Sukabumi menandaskan, melalui pergelaran fashion show batik ini, segenap lapisan masyarakat yang hadir bisa melihat dan menyaksikan berbagai jenis batik yang ada di Propinsi Jawa Barat, dari 27 kota dan kabupaten se Jawa Barat, dengan jenis batik yang berbeda, baik warna dan motifnya maupun ciri khasnya, serta menjadi karakter atau ciri khas sebuah daerah. Hal ini menunjukkan, bahwa keragaman menjadi sebuah kekuatan dan keindahan, serta menjadi sesuatu yang mengagungkan.

Dijelaskannya, pergelaran fashion show batik ini, merupakan kerja sama antara Dekranasda Kota Sukabumi dan para Pengusaha Batik. Selain itu juga dijelaskan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan, dalam rangka upaya melestarikan dan memasyarakatan batik, sekaligus untuk menghidupkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya yang bergerak dalam bidang perbatikan.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta fashion show batik, yang telah memperagakan dan memperkenalkan batik daerahnya masing-masing.

Adapun daerah yang turut serta memperagakan dan memperkenalkan jenis batiknya dalam pergelaran fashion show batik ini, diantaranya Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang, Kota Banjar, Kabupaten Bogor, Kota Tasikmalaya, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Garut, dan Kota Sukabumi sebagai tuan rumah.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi memberikan cindera mata kepada Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Barat, atas terselengaranya dan suksesnya pelaksanaan Gelar TTG Ke 9 Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Kota Sukabumi.

Leave a Reply