GERAKAN SHOLAT SUBUH BERJAMAAH SEMAKIN MENINGKAT DAN BERKEMBANG

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Gerakan sholat subuh berjamaah di masjid, di Kota Sukabumi semakin meningkat dan berkembang. Karena selain diikuti oleh para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yakni pada setiap hari Jum’at di Masjid Agung Kota Sukabumi, pada setiap hari Sabtu keliling ke masjid yang ada di Kota Sukabumi, dan pada setiap hari Minggu di Masjid AL-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi, juga mulai diikuti oleh para pelajar, untuk terbiasa melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Kota Sukabumi, tepatnya pada hari Rabu, baru-baru ini.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Ir. H. Cecep Mansur, M.M.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, kebaikan dan kesolehan harus terus dibiasakan dan ditingkatkan oleh semua pihak, termasuk oleh para pelajar. Maksud dan tujuannya, untuk menciptakan para pelajar yang soleh dan melahirkan generasi muda terbaik, yang memiliki akhlakul karimah serta keimanan dan kataqwaan kepada Alloh. Hal ini sejalan dengan hadist, bahwa perkara kebaikan yang dicintai oleh Alloh, yakni proses konsistensinya harus dilakukan secara terus menerus.

Dijelaskan pula, dalam konteks ibadah sholat subuh berjamaah, para penggerak sholat subuh berjamaah berupaya mengajak para pelajar, untuk terbiasa dan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid, serta peran Kepala Sekolah dan Guru sebagai pendamping sangat penting dalam pelaksanaan ibadah tersebut.

Selain itu juga dijelaskan, untuk membiasakan dan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid, membutuh proses pembiasaan. Sebab masyarakat yang rumahnya dekat dengan masjid pun, apabila tidak terbiasa melaksanakan sholat berjamaah di masjid akan menjadi kendala. Sebaliknya masyarakat yang rumahnya jauh dari masjid, tapi apabila sudah terbiasa pasti akan melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada segenap lapisan masyarakat termasuk kepada para pelajar, kepala sekolah dan guru, agar senantiasa mendukung terhadap pelaksanaan gerakkan sholat subuh berjamaah di masjid di Kota Sukabumi, supaya gerakkan tersebut dapat terus meningkat dan berkermbang. Hal ini sejalan dengan Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Leave a Reply