FORMI DAN IPSI KOTA SUKABUMI MENYELENGGARAKAN PERLOMBAAN BOLES

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

FORMI (Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia) dan IPSI (Ikatan Pencak Silat) Kota Sukabumi, menyelenggarakan perlombaan seni dan olah raga tradisuional Boles (Bola Leungeun Seuneu) atau Bola Tangan Api, memperebutkan Piala Wali Kota Sukabumi dan Kapolres Sukabumi.

Perlombaan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Ketua FORMI Kota Sukabumi, Indra Wiguna, dan Pimpinan Pesantren Dzikir Alfath Kota Sukabumi, Fajar Laksana, tepatnya tanggal 25 Agustus 2019, di  Pesantren Dzikir Alfath Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi, Wakapolres Sukabumi Kota, Kompol Sulaeman, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Boles yang menjadi Hak Cipta Pondok Pesantren Dzikir Alfath Kota Sukabumi, menjadi salah satu seni dan olah raga tradisional Kota Sukabumi, sekaligus menjadi icon seni dan olah raga tradisional Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, perlombaan ini menjadi awal untuk lebih mengenalkan seni dan olah raga tradisional Boles ke berbagai daerah dan negara. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal mendorong peningkatan dan pengembangan seni dan olah raga tradisional Boles, supaya bisa lebih dikenal dan disukai oleh berbagai lapisan masyarakat, sekaligus membawa harum nama Kota Sukabumi ke berbagai daerah dan negara. Selain itu juga dijelaskan, seni dan olah raga tradisional Boles masuk ke dalam wadah organisasi FORMI.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanaknnya perlombaan ini dapat mengokohkan Kota Sukabumi, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari seni dan olah raga tradisional Boles. Dikatakannya, perlombaan seni dan olah raga tradisional Boles ini, ke depan akan dijadikan event rutin tahunan, serta pesertanya bisa lebih banyak lagi. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi siap membantu mengundang peserta dari luar daerah.

Leave a Reply