GEBYAR MERAH PUTIH

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Acara puncak peringatan HUT Ke 74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Tingkat Kota Sukabumi, diisi kegiatan Jalan Santai Gebyar Merah Putih, yang dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2019, dengan mengambil rute, yakni start dari Jalan R. Syamsudin, S.H. tepatnya depan Balai Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Siliwangi, Jalan Suryakecana dan finish depan Balai Kota Sukabumi.

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan masyarakat termasuk ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemerntah Kota Sukabumi ini, dibuka dan dilepas secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, di depan Balai Kota Sukabumi.

Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav. Mujahidin, S.Sos., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj, Fitri Hayati Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., para Asisten Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, agar senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan, degan tidak membuang sampah  sembarangan, serta mengurangi sampah plastik, yakni pada saat berbelanja membawa kantong dari rumah, tidak menggunakan kantong kresek.

Selain itu, juga agar memilah sampah rumah tangga antara sampah organik dan anorganik, untuk didaur ulang menjadi kompos atau pupuk organik dan berbagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Karena volume sampah di Kota Sukabumi cukup tinggi, yakni dalam setiap harinya mencapai 170 ton.

Sedangkan lahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah Cikundul Kota Sukabumi, diprediksi hanya bisa bertahan menampung sampah hingga akhir bulan Nopember dan paling lama sampai dengan bulan Desember 2019.

Dalam kegiatan tersebut, ada sekelompok pelajar SMPN 16 Kota Sukabumi, melakukan aksi membersihkan dan mengumpulkan sampah yang ada di sekitar Balai Kota Sukabumi, yang selanjutnya di buang ke TPS.

Usai Jalan Santai, dilanjutkan pembagian door prize dan hiburan,  oleh Ustadz Kiwil dan Caesar YKS serta penyanyi dari Kota Sukabumi, menambah semarak dan gebyarnya kegiatan tersebut.

Leave a Reply