HUT PRAMUKA KE 58 TINGKAT KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Kwartir Cabang Kota Sukabumi menggelar Apel Besar dalam rangka HUT (Hari Ulang Tahun) Pramuka ke – 58 tingkat Kota Sukabumi yang digelar pada hari Kamis, 29 Agustus 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Wali Kota Sukabumi selaku Ketua Mabicab Pramuka Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. H . Dudi Fathul Jawad, M.Pd., para Mabiran dan tamu undangan lainya. Pembina Upacara yang menyampaikan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, menjelaskan bahwa Peringatan

Hari Pramuka adalah wujud rasa syukur kepada ALLAH SWT atas nikmat dan berkah persatuan dalam satu wadah tunggal yaitu Gerakan pramuka. Disampaikan pula beberapa pesan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, pertama ditengah beberapa persoalan saat ini seperti penyalahgunaan narkoba maka Kwartir Nasional mengajak kepada semua unsur Gerakan Pramuka senantiasa menjadi pionir dalam menanamkan nilai – nilai anti kejahatan luar biasa. Kedua setiap anggota Pramuka harus bertekad untuk mencintai dan menggunakan produk – produk dalam negeri. Ketiga, menumbuhkan rasa kecintaan kepada alam, diri sendiri dan generasi penerus sebagai salah satu wujud kesiapan dan kesediaan anggota Pramuka membangun keutuhan NKRI. Ditegaskan pula bahwa keberadaan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi juga memberikan penganugerahan tanda penghargaan Pancawarsa kepada Penggiat Pramuka Lapas Kelas IIB, kemudian 11 orang Pramuka penggalang, dan 10 orang Pramuka Penegak Garuda. Apel Besar ini juga diisi penampilan drama kolosal yang melibatkan anggota Pramuka dari tingkat PAUD sampai dengan SMA/ SMK. Lalu kesenian tari dan kebudayaan Jawa Barat dan Bali, serta parade 7 Mabiran Pramuka Kota Sukabumi.

Leave a Reply