IKM MEMEGANG PERANAN YANG SANGAT PENTING DAN STRATEGIS

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menegaskan, IKM (Industri Kecil dan Menengah) memegang peranan yang sangat penting dan strategis, sebagai salah satu pilar perekonomian di daerah. Penegasan Wakil Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada saat membuka secara resmi Seminar Kewirausahaan dan Gelar Produk IKM Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2019, yang diselenggarakan Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 28 Agustus 2019, di Hotel Anugrah Kota Sukabumi.

Ditegaskan pula, di  Kota Sukabumi pada tahun 2018 terdapat 2.513 IKM, yang bergerak dalam bidang agro dan hasil hutan, industri aneka, industri logam dan alat transportasi, serta menyerap tenaga kerja sebanyak 14.204 orang. Hal ini merupakan potensi yang cukup besar, sebagai salah satu pendorong terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi akan terus mendorong, agar para pelaku IKM di Kota Sukabumi bisa terus tumbuh dan berkembang serta naik kelas. Diantaranya dengan memfasilitasi IKM untuk segera memiliki Sertifikat PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga), serta Angka Kecukupan Gizi dan Sertifikat Halal khusus untuk IKM Makanan dan Minuman.

Sedangkan untuk IKM lainnya, seperti diharapkan Wakil Wali Kota Sukabumi, agar produknya dapat diserap pasar dengan baik, serta memasarkan produknya secara online. Selain itu, Pemerintah Kota Sukabumi juga akan terus mendorong dan memfasilitasi IKM, supaya memiliki HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi secara simbolis menyersahkan Sertifikat Halal kepada sejumlah IKM di Kota Sukabumi, dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Disamping itu, Wakil Wali Kota Sukabumi juga mengajak kepada generasi muda yang sudah menyelesaikan studinya, untuk terjun menjadi wirausaha-wirausaha muda dalam bidang industri.

Leave a Reply